Nilai pendidikan dalam Al-Quran surat Al-Hujurāt ayat 13 tentang toleransi

Asiah, Siti Nur (2020) Nilai pendidikan dalam Al-Quran surat Al-Hujurāt ayat 13 tentang toleransi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (287kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (499kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy

Abstract

Adanya fakta bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan tidak lepas dari interaksi dengan sesama. Interaksi antarmanusia selalu dihadapkan dengan perbedaan. Tidak sedikit yang bersikap intoleransi dalam menanggapi perbedaan tersebut. Padahal perbedaan merupakan sunnatullah atau hukum alam. Dalam skripsi ini penyusun mengangkat judul “Nilai Pendidikan dalam al-Quran surat al-Hujurāt ayat 13 tentang Toleransi”. Tujuan penyusunan skripsi ini antaralain: 1. Untuk mengetahui tafsir para mufassir al-Quran tentang surat al-Hujurāt ayat 13; dan 2. Untuk mengetahui nilai pendidikan dalam al-Quran surat al-Hujurāt ayat 13 tentang toleransi. Penelitian ini didasarkan dari teori toleransi bahwa toleransi merupakan sifat saling menghargai. Toleransi memiliki porsi besar dalam agama Islam. Dalam fiqh Islam toleransi termasuk dalam al-muamalat (interaksi sosial). Menghilangkan perbedaan adalah hal yang mustahil, namun bagaimana kita menyikapi perbedaan tersebut. Maka, sikap toleransi penting untuk dimiliki oleh setiap manusia. Pendidikan menjadi media penyadaran dan transformasi nilai. Oleh sebab itu, nilai pendidikan tentang toleransi penting untuk dibahas termasuk kajian dalam al-Quran surat al-Hujurāt ayat 13. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan metode content analysis/analisis isi. Jenis data kualitatif dan sumber data terbagi dua yaitu sumber primer diantaranya al-Quran al-Karim dan terjemah serta kitab tafsir yang digunakan penyusun diantaranya: Tafsir al-Misbah; Tafsir al-Qur’anul Majid an-Nuur; Tafsir al-Maraghi; Tafsir ath-Thabari; dan Tasir al-Qurthubi serta sumber sekunder yaitu dari berbagai literatur (buku, jurnal, skripsi, tesis, web dan literatur lain yang berkaitan dengan pembahasan). Teknik pengumpulan data menggunakan library research. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian kualitatif ini yaitu: a. reduksi data; b. penyajian data; dan c. penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan suatu kesimpulan bahwa: Pertama, tafsir para mufassir al-Quran tentang surat al-Hujurāt ayat 13. Kedua, mengetahui nilai pendidikan dalam al-Qur’an surat al-Hujurāt ayat 13 tentang toleransi diantaranya: 1. Perbedaan untuk saling mengenal/ta’aruf; 2. Saling menolong/kerjasama; 3. Kesetaraan/persamaan manusia; dan 4. Persaudaraan/ukhuwah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: nilai pendidikan; toleransi; QS. al-Hujurāt: 13.
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Nur Asiah
Date Deposited: 05 Dec 2022 07:03
Last Modified: 05 Dec 2022 07:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61276

Actions (login required)

View Item View Item