Inovasi pelayanan publik publik melalui aplikasi e-open di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota Bekasi

Muzakkie, Farhan (2022) Inovasi pelayanan publik publik melalui aplikasi e-open di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (94kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (76kB)
[img] Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (365kB)
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy

Abstract

Inovasi pelayanan publik adalah salah satu cara untuk mengatasi persoalan pada pelayanan publik. Inovasi yang diiringi dengan perkembangan teknologi menghasilkan kemudahan seperti pelayanan publik secara daring yang diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan publik. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bekasi meluncurkan inovasi aplikasi e-OPen pada tahun 2020 sebagai pelayanan administrasi kependudukan secara daring di masa pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan inovasi aplikasi e-OPen di Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan teori inovasi dari Rogers yang terdapat 5 karakteristik diantaranya relative advantage, compatibility, complexity, trialability dan observability. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitiaan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti melakukan data melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan cara dari Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan inovasi e-OPen sudah berjalan baik dan sesuai dengan karakteristik inovasi namun masih terdapat kendala dan perlu adanya pengembangan dan peningkatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inovasi; Pelayanan Publik; e-OPen
Subjects: Political dan Government Science
Public Administration
Public Administration > Public Administration in Indonesia
Public Policy Issues in Education > Public Policy Issues in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Farhan Muzakkie
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:21
Last Modified: 06 Dec 2022 02:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61217

Actions (login required)

View Item View Item