Peningkatan kemampuan literasi matematis siswa dengan pembelajaran berbasis STEM (Science, Technology, Engineering,and Mathematic)

Gusthia, Selvi (2022) Peningkatan kemampuan literasi matematis siswa dengan pembelajaran berbasis STEM (Science, Technology, Engineering,and Mathematic). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (480kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa dalam matematika tidak sekedar berhitung, melainkan kemampuan bernalar kritis dan menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang salah satunya ialah kemampuan literasi matematis. Namun kenyataannya di beberapa SMA kemampuan literasi matematis masih kurang, didukung oleh studi pendahuluan pada salah satu SMA. Alternatif yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis ialah dengan pembelajaran berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) Keterlaksanaan pembelajaran berbasis STEM dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa (b) Perbedaan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa pembelajaran berbasis STEM dengan siswa pembelajaran konvensional (c) Perbedaan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa pembelajaran berbasis STEM dengan siswa pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMA di Provinsi Riau menggunakan metode kuasi eksperimen pada dua kelas yaitu kelas XI MIPA 1 dan kelas XI MIPA 2. Hasil penelitian diperoleh : (a) Keterlaksanaan pembelajaran berbasis STEM terlaksana dengan sangat baik dengan presentase 86,6% (b) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa kelas pembelajaran berbasis STEM dengan siswa pembelajaran konvensional (c) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa pembelajaran berbasis STEM dengan siswa kelas pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM. Jadi pembelajaran berbasis STEM efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan literasi matematika; Pembelajaran Berbasis STEM; Peningkatan kemampuan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Selvi Gusthia
Date Deposited: 30 Nov 2022 06:25
Last Modified: 30 Nov 2022 06:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61199

Actions (login required)

View Item View Item