Strategi media Relations Humas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika dalam menjaga hubungan dengan pers

Karine, Delia Devarly (2022) Strategi media Relations Humas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika dalam menjaga hubungan dengan pers. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.docx.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Perkembangan zaman membuat teknologi semakin canggih sehingga membuat pers atau media massa dapat menyebarluaskan suatu informasi dalam kurun waktu yang sangat singkat. Penyebaran informasi tersebut dapat mempengaruhi opini publik pada suatu lembaga atau organisasi. Opini yang terbentuk bisa bersifat positif ataupun negatif tergantung dengan informasi yang disebarkan. Praktisi humas harus memiliki strategi dalam menjaga hubungan dengan pers atau media massa guna mengontrol pemberitaan yang tersebar sehingga opini pada masyarakat dapat terbentuk dan menciptakan citra positif bagi lembaga. Penelitian ini menjelaskan bagaimana Humas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mengelola relasi dengan pers, mengembangkan strategi media relations dan mengembangkan jaringan media. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi media relations yang dilakukan oleh Humas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep Strategi Media Relations yang disampaikan oleh Yosal Iriantara yang menjelaskan tiga konsep strategi yang perlu dilakukan dalam menjalin hubungan dengan media yaitu, mengelola relasi, mengembangkan strategi dan mengembangkan jaringan. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme dengan metode penelitian deskriptif kualitatif dibantu dengan data primer dan sekunder serta teknik pengumpulan data yang diperoleh melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa strategi media relations yang digunakan oleh Humas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika dalam menjaga hubungan dengan pers adalah mengelola relasi dengan pers atau media, mengembangkan strategi dan mengembangkan jaringan. Humas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika dalam mengelola relasi yaitu dengan membentuk tim untuk mengatur segala aktivitas yang berhubungan dengan pers atau media, tim tersebut melakukan proses pengelolaan relasi dengan menjalin hubungan baik dengan instansi media ataupun wartawan serta melakukan kegiatan- kegiatan media relations. Kemudian upaya yang dilakukan dalam mengembangkan strategi yaitu dengan memberikan serta memperbarui sarana dan prasarana yang diberikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika untuk memudahkan kegiatan media relations. Selanjutnya Humas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika dalam mengembangkan jaringan ialah dengan memasuki lembaga/organisasi profesi baik itu kewartawanan atau kehumasan. Strategi media relations ini dilakukan untuk membuat dan menjaga hubungan baik dengan pers dan media, dengan adanya publikasi tentang lembaga sehingga dapat membangun citra positif di masyarakat. ENGLISH : The times have made technology more sophisticated so that the press or mass media can disseminate information in a very short period of time. Dissemination of such information can influence public opinion in an institution or organization. Opinions formed can be positive or negative depending on the information disseminated. Public relations practitioners must have a strategy in maintaining relations with the press or mass media in order to control the spread of news so that public opinion can be formed and create a positive image for the institution. This study explains how the Public Relations of the Meteorology, Climatology and Geophysics Agency manages relations with the press, develops media relations strategies and develops media networks. The purpose of this study is to determine the media relations strategy carried out by the Public Relations Agency for Meteorology, Climatology and Geophysics. The concept used in this research is the concept of Media Relations Strategy presented by Yosal Iriantara which explains three strategic concepts that need to be carried out in establishing relationships with the media, namely, managing relationships, developing strategies and developing networks. This study uses the constructivism paradigm with qualitative descriptive research methods assisted by primary and secondary data and data collection techniques obtained through interviews and observations. The results of this study illustrate that the media relations strategy used by the PR Agency for Meteorology, Climatology and Geophysics in maintaining relations with the press is managing relations with the press or media, developing strategies and developing networks. Public Relations of the Meteorology, Climatology and Geophysics Agency in managing relations, namely by forming a team to manage all activities related to the press or media, the team carries out the process of managing relations by establishing good relations with media agencies or journalists and carrying out media relations activities. Then the efforts made in developing the strategy are by providing and updating the facilities and infrastructure provided by the Meteorology, Climatology and Geophysics Agency to facilitate media relations activities. Furthermore, the Public Relations of the Meteorology, Climatology and Geophysics Agency in developing the network is to enter professional institutions/organizations, whether journalism or public relations. This media relations strategy is carried out to establish and maintain good relations with the press and media, with publications about the institution so as to build a positive image in the community.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Media Relations; BMKG; Pers
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Delia Devarly Karine
Date Deposited: 28 Nov 2022 03:48
Last Modified: 28 Nov 2022 03:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61161

Actions (login required)

View Item View Item