Pendidikan akhlak dalam kitab al-Akhlāq al-Marḍiyah dan implementasinya untuk menguatkan akhlak karimah peserta didik: Penelitian di SMP Darul Falah Cihampelas Bandung Barat

Hilmansah, Deden (2022) Pendidikan akhlak dalam kitab al-Akhlāq al-Marḍiyah dan implementasinya untuk menguatkan akhlak karimah peserta didik: Penelitian di SMP Darul Falah Cihampelas Bandung Barat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya degradasi akhlak pada peserta didik seperti berkata kasar, kurang menghormati orang yang lebih tua, perundungan verbal dan lain sebagainya. Padahal pendidik sudah menanamkan pendidikan akhlak melalui kegiatan pembelajaran, pembiasaan dan pengawasan akhlak karimah di dalam dan di luar kelas. Namun, usaha tersebut belum mampu menguatkan akhlak karimah peserta didik, oleh karena itu diperlukan adanya penguatan akhlak karimah peserta didik melalui implementasi pendidikan akhlak perspektif kitab al-Akhlāq al-Marḍiyah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis: 1) konsep; 2) implementasi; 3) evaluasi; 4) faktor pendukung dan penghambat; 5) hasil implementasi dari pendidikan akhlak dalam kitab al-Akhlāq al-Marḍiyah dan implementasinya untuk menguatkan akhlak karimah peserta didik. Penelitian ini bertolak dari pandangan bahwa pendidikan akhlak merupakan proses pembinaan, pembentukan dan pengembangan sumber dan kebiasaan yang tertanam dalam jiwa seseorang menjadi kebiasaan atau tabi’at yang baik, terpuji dan mulia demi terciptanya manusia yang sempurna (al-insan al-kamil). Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan yaitu menggabungkan antara library research (penelitian kepustakaan) dan field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik studi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Langkah yang ditempuh dalam analisa data ini menggunakan metode siklus interaktif sebagaimana dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) konsep pendidikan akhlak dalam kitab al-Akhlāq al-Marḍiyah meliputi pengertian, tujuan, ruang lingkup, metode, materi dan evaluasi pendidikan akhlak; 2) implementasinya melalui kegiatan pembelajaran di dalam kelas, kegiatan pembiasaan di dalam dan di luar kelas, dan penerapan tata tertib peserta didik; 3) evaluasinya dilakukan dengan ujian materi kitab, ujian membaca kitab, monitoring pengamalan dan musyawarah wali kelas; 4) faktor pendukungnya adalah penerapan model Sekolah Berbasis Pesantren (SBP), tenaga pendidik dan tenaga kependidikan lulusan pesantren, sarana dan prasarana yang representatif, dibentuknya tim gerakan disiplin sekolah (TGDS), peserta didik yang mondok, keteladanan kepala sekolah serta tenaga pendidik dan lingkungan pondok pesantren sedangkan faktor penghambatnya adalah guru mata pelajaran akhlak kesulitan menyusun perangkat pembelajaran dan adanya peserta didik yang tidak mondok; 5) Hasil implementasinya menunjukan hasil yang sangat baik dan dapat menguatkan akhlak karimah peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak; Kitab Al-Akhlāq Al-Marḍiyah; Penguatan Akhlak Karimah; Peserta Didik;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Deden Hilmansah
Date Deposited: 25 Nov 2022 08:15
Last Modified: 25 Nov 2022 08:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61132

Actions (login required)

View Item View Item