Pengaruh model pembelajaran Blended Learning berbantu WhatsApp terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem imun

Aditya, Dimaz (2022) Pengaruh model pembelajaran Blended Learning berbantu WhatsApp terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem imun. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan dan tanpa menggunakan model blended learning berbantu whatsapp, menganalisis hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan dan tanpa menggunakan model pembelajaran blended learning berbantu whatsapp, menganalisis pengaruh model pembelajaran blended learning berbantu whatsapp terhadap hasil belajar siswa serta mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran dengan dan tanpa menggunakan model blended learning berbantu whatsapp. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian Kuasi Eksperimen, dengan menggunakan dua sampel kelas yaitu kelas eksperimen (XI IPA 5) dan kelas kontrol (XI IPA 6). Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, soal pilihan ganda hasil belajar siswa, dan angket respon siswa. Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran blended learning berbantu whatsapp diperoleh rata-rata hasil keterlaksaan kinerja guru sebesar 97% (sangat baik) dan rata-rata hasil keterlaksaan aktivitas siswa sebesar 88% (sangat baik) serta tanpa model pembelajaran blended learning berbantu whatsapp diperoleh rata-rata hasil keterlaksaan kinerja guru sebesar 97% (sangat baik) dan rata-rata hasil keterlaksaan aktivitas siswa sebesar 87.5% (sangat baik). Peningkatan hasil belajar siswa pada kelas tanpa menggunakan model blended learning berbantu whatsapp yaitu sedang (N-Gain=0.47} dan pada kelas menggunakan blended learning berbantu whatsapp yaitu sedang (N-Gain =0.58). Hasil uji hipotesis pada taraf 5% yaitu thitung (2.21) > ttabel (2.00) yang menyatakan bahwa model pembelajaran blended learning berbantu whatsapp berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem imun. Respon siswa terhadap model pembelajaran blended learning berbantu whatsapp rata-rata 72% dengan interpretasi tinggi dan interpretasi kelas tanpa model pembelajaran blended learning berbantu whatsapp sebesar 61% dengan interpretasi sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar siswa; model pembelajaran blended learning berbantu whatsapp; sistem imun;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Dimaz Aditya
Date Deposited: 02 Dec 2022 01:15
Last Modified: 02 Dec 2022 01:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61128

Actions (login required)

View Item View Item