Pengaruh Work Life Balance lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non-fisik terhadap kepuasan kerja: Studi pada Puskesmas Binong

Bella, Tela Tasya (2022) Pengaruh Work Life Balance lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non-fisik terhadap kepuasan kerja: Studi pada Puskesmas Binong. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (412kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang berada di Puskesmas Binong, dimana dengan adanya tugas kerja yang berlebih, dan menggantikan pegawai yang tidak hadir bekerja, mengakibatkan kepuasan kerjanya pun berkurang. Berdasarkan latar belakang masalah, bahwa Work Life Balance,Lingkungan Kerja Fisik, dan Lingkungan Kerja Non-Fisik, di Puskesmas Binong yang kurang sebagai penyebab rendahnya kepuasan kerja karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Work Life Balance, Lingkungan Kerja Fisik, dan Lingkungan Kerja Non-Fisik, terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Puskesmas Binong baik secara parsial maupun simultan. Untuk menjawab pertanyaan di atas, peneliti menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability samplings yang dipakai dalam pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu mengambil dari semua jumlah populasinya yaitu 60 karyawan. Pengambilan data dengan menyebarkan kuesioner secara online.Teknik pengolahan data menggunakan analisis Deskriptif, Uji Validitas, Uji Realibilitas,Regresi Linier Berganda, Uji T, Uji F, dan Analisis Koefisen Determinasi dengan menggunakan program SPSS versi 26. Hasil Pemelitian menunjukan bahwa perbandingan antara nilai Fhitung dengan Ftabel, dengan hasil Fhitung > Ftabel yaitu 144.321.> 2,77, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya Work Life Balance (X1), Lingkungan Kerja Fisik (X2), dan Lingkungan Kerja Non-Fisik (X3) secara simultan berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja (Y). Kemudian nilai signifikansinya adalah 0,000 < 0,05 dengan begitu, maka dapat disimpulkan bahwa dan Work Life Balance (X1), Lingkungan Kerja Fisik (X2), dan Lingkungan Kerja NonFisik (X3) secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Kerja (Y). Hasil uji koefisien determinasi (R2) , diketahui bahwa nilai R square yaitu sebesar 0,893 atau 89,3 %. Nilai tersebut menunjukan bahwa Kepuasan Kerja (Y) dapat dijelaskan oleh variabel bebas yaitu Work Life Balance (X1),Lingkungan Kerja Fisik (X2), dan Lingkungan Kerja Non-Fisik (X3) sebesar 89,3%. Sedangkan sebesar 10,7 % dapat dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel dari penelitian ini. bahwa koefisien determinasi dengan nilai sebesar 89,3% berada pada baris antara 81 % - 100 % yang berarti termasuk ke dalam kategori Sangat Tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Work Life Balance; Lingkungan Kerja Fisik; Lingkungan Kerja Non-Fisik; Kepuasan Kerja
Subjects: General Management > Management for Enterprises
General Management > Organizations
General Management > Personnel Management
General Management > Elements of Personnel Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Tela Tasya Bella
Date Deposited: 25 Nov 2022 04:13
Last Modified: 25 Nov 2022 04:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61105

Actions (login required)

View Item View Item