Pengaruh Total Assets Turnover (TATO) dan Return On Assets (ROA) terhadap Price to Book Value (PBV) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Ace Hardware Iindonesia Tbk. periode 2011-2021

Ramadhan, Moch. Rayhan (2022) Pengaruh Total Assets Turnover (TATO) dan Return On Assets (ROA) terhadap Price to Book Value (PBV) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Ace Hardware Iindonesia Tbk. periode 2011-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy

Abstract

Masyarakat kini mulai tertarik untuk melakukan investasi atau jual beli saham. Untuk melakukan investasi tentu kita harus mengetahui apakah nilai saham perusahaan tergolong mahal atau murah, oleh karena itu haruslah menganalisanya rasio tetantang harga wajar perusahaan ataupun nilai perusahaan. Pendekatan penilaian Price to Book Value dinilai sangat pas untuk mengetahui hal tersebut. Adapun Price to Book Value memiliki faktor-faktor yang mempengaruhinya, dari faktor-faktor yang ada Total Assets Turnover dan Return On Assets dipilih oleh peneliti untuk diteliti sebagai faktor yang dapat mempengaruhi nilai Price to Book Value, dimana Total Assets Turnover dan Return on Assets mengalami kenaikan maka Price to Book Value naik, namun pada laporan keuangan PT. Ace Hardware Indoneisa Tbk. terdapat ketidak sesuaian antara data dengan teori tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui seberapa besar pengaruh Total Assets Turnover secara parsial terhadap Price to Book Value (2) mengetahui seberapa besar pengaruh Return On Assets secara parsial terhadap Price to Book Value (3) mengetahui seberapa besar pengaruh Total Assets Turnover dan Return On Assets secara simultan terhadap Price to Book Value pada PT. Ace Hardware Indonesia Periode 2011- 2021. Kerangka pemikiran menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara Total Assets Turnover, Return On Assets dan Price to Book Value. Dimana Total Assets Turnover mempengaruhi Price to Book Value begitupun dengan Return On Assets yang mempengaruhi Price to Book Value. Price to Book Value tidak hanya dipengaruhi oleh variabel Total Assets Turnover dan Return On Assets saja, melainkan terdapat faktor-faktor lain yang mempengaruhi Price to Book Value yang tidak di teliti dalam penelitian perusahaan ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan PT. Ace Hardware Indonesia Tbk. periode 2011-2021. Adapun analisis data yang digunakan dengan analisis asumsi klasik, dan analisis deskriptif. Analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, analisis uji hipotesis (uji t, uji F). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: (1) Secara parsial menyatakan Total Assets Turnover terbukti tidak berpengaruh terhadap Price to Book Value, diperoleh perbandingan koefisien determinasi sebesar 35,2%. (2) Secara parsial menyatakan Return On Assets terbukti tidak berpengaruh terhadap Price to Book Value, diperoleh perbandingan koefisien determinasi sebesar 30,9%. (3) secara simultan menyatakan Total Assets Turnover dan Return On Assets terbukti tidak berpengaruh terhadap Price to Book Value, dengan koefisien determinasi sebesar 35,2%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Total Assets Turnover; Return On Assets; Price to Book Value;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Econmics
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Moch. Rayhan Ramadhan
Date Deposited: 25 Nov 2022 02:33
Last Modified: 25 Nov 2022 02:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61076

Actions (login required)

View Item View Item