Penerapan Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dalam meningkatkan mutu pembelajaran perguruan tinggi : Penelitian di jurusan Manajaeman Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dan Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Runingsih, Neneng (2022) Penerapan Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dalam meningkatkan mutu pembelajaran perguruan tinggi : Penelitian di jurusan Manajaeman Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dan Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text
1_COVER.pdf

Download (341kB)
[img] Text
2_Abstrak.pdf

Download (358kB)
[img] Text
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (339kB)
[img] Text
4_BAB I.pdf

Download (816kB)
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan kurikulum mengacu KKNI dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, dan Jurusan Manajemen Dakwah UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Metode penelitian yang diambil peneliti adalah menggunakan desain mixed- methods sequential exploratory dengan pertimbangan bahwa pengambilan data dilakukan melalui dua tahapan. Pada tahap awal menggunakan metode kualitatif dan pada tahapan kedua menggunakan metode kuantitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada European Qualifications Framework (EQF) sebagai salah satu kerangka kualifikasi yang dirujuk dalam pengembangan KKNI, membagi jenjang kerangka kualifikasi dalam sembilan tingkat dari jenjang pertama sampai jenjang sembilan yang tertinggi (Cedefop, 2010:17). Hasil Penelitian menunjukkan : 1); Tujuan penerapan kurikulum berbasis KKNI dikedua jurusan ini untuk meluluskan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas setara luar negeri. 2); Program yang dilaksanakan kedua jurusan ini sesuai dengan peraturan yang mengacu pada Pedoman Kurikulum DIKTI 2015, 3); Prosesnya dilakukan melalui penerapan, ide, konsep, kebijakan atau inovasi dalam suatu tindakan praktis namun hasilnya belum bersinergi dan masih perlu dioptimalkan secara komprehensif, sistematis, terukur dan bersiklus, 4); Evaluasi yang sudah dilakukan oleh kedua Jurusan ini menggunakan EVADOM dan Angket 5); Faktor Pendukungnya sama-sama memiliki keterlibatan Lembaga Penjamin Mutu. Faktor penghambat: berdasarkan hasil angket kurangnya pemanfaatan fasilitas kampus, masih ada beberapa dosen yang terlambat dalam pengumpulan RPS dan sebagian kecil ada yang belum mengacu pada KKNI, masih ada yang menggunakan metoda pemblajaran tradisional 6); Dampaknya secara kualitatif menunjukkan hasil yang baik. Namun, berdasarkan data kuantitatif secara keseluruhan belum optimal sampai 100%.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Kurkulum KKNI; Mutu Perguruan Tinggi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Ilmu Pendidikan Islam
Depositing User: Neneng Runingsih
Date Deposited: 02 Dec 2022 08:27
Last Modified: 05 Dec 2022 02:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61071

Actions (login required)

View Item View Item