Bimbingan konseling Islami dengan teknik Muhasabah untuk mengurangi kecenderungan berperilaku Self-Injury pada remaja : Penelitian di Sekolah Menengah Atas Negeri 21 Bandung

Listyawati, Nita (2022) Bimbingan konseling Islami dengan teknik Muhasabah untuk mengurangi kecenderungan berperilaku Self-Injury pada remaja : Penelitian di Sekolah Menengah Atas Negeri 21 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover-1.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak-1.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi-1.pdf

Download (330kB)
[img] Text (BAB I)
4_Bab 1-1.pdf

Download (475kB)
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya siswa yang sulit mengekspresikan emosinya, sehingga remaja tersebut lebih memilih mengekspresikan emosinya dengan cara menyakiti diri sendiri (self injury). Alasan pelaku self injury menyakiti dirinya sendiri karena mereka merasa tenang dan dapat meluapkan emosinya. Pelaku self injury cenderung tertutup pada siapapun, bimbingan konseling Islam begitu penting untuk membantu pelaku self injury mengurangi kecenderungan berperilaku self injury. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program bimbingan konseling islami dengan teknik muhasabah untuk mengurangi kecenderungan berperilaku self injury pada remaja di SMAN 21 Bandung, proses pelaksanaan bimbingan konseling islami untuk mengurangi kecenderungan berperilaku self injury pada remaja di SMAN 21 bandung dan hasil pelaksanaan bimbingan konseling islami untuk mengurangi kecenderungan berperilaku self injury pada remaja di SMAN 21 Bandung. Konsep analisis hasil penelitian yaitu membandingkan perilaku pelaku self injury sebelum dan sesudah dilakukan bimbingan konseling dengan teknik muhasabah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, dengan melakukan observasi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Bimbingan Konseling Islami dapat mengurangi kecenderungan berperilaku self injury pada siswa, program ini dibuat sesuai dengan need assessment dari siswa tersebut, hal ini dilakukan agar Guru BK mengetahui apa yang sedang dibutuhkan oleh siswa dan memberikan layanan sesuai dengan kebutuhan siswa. Proses bimbingan konseling terbagi menjadi 5 tahap yaitu identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment, dan evaluasi. Konselor menggunakan teknik muhasabah agar konseli dapat mengintropeksi diri sendiri. Kegiatan tersebut mampu mengurangi perilaku self injury pada siswa terbukti dengan siswa yang sebelumnya meluapkan emosi dengan menyakiti diri sendiri kemudian setelahnya siswa tersebut meluapkan emosinya dengan melakukan hobby nya, sebelumnya siswa tidak dapat mengontrol emosinya, kemudian setelahnya dapat mengontrol emosinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling Islam; Muhasabah; Self Injury.
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Social Welfare, Problems and Services
Social Welfare, Problems and Services > Suicide
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Nita Listyawati
Date Deposited: 28 Nov 2022 03:29
Last Modified: 28 Nov 2022 03:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61069

Actions (login required)

View Item View Item