Aktivitas siswa mengikuti program shalat berjamaah hubungannya dengan disiplin belajar mereka di sekolah

Inriyani, Inriyani (2022) Aktivitas siswa mengikuti program shalat berjamaah hubungannya dengan disiplin belajar mereka di sekolah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan, shalat berjamaah merupakan salah satu kegiatan dari program pembiasaan baik yang ada di SMP Negeri 17 Bandung. Tujuan dari program shalat berjamaah ini untuk membuat siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti shalat berjamaah baik di sekolah maupun di rumah, serta membiasakan siswa untuk melaksanakan shalat di awal waktu sehingga terbentuk pribadi yang berdisiplin dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataannya, masih ditemukan siswa yang disiplin belajarnya rendah, yang dibuktikan dengan masih ditemukannya siswa yang terlambat datang ke sekolah, terlambat mengumpukan tugas, melanggar tata tertib dan peraturan sekolah meskipun sudah ditegur,tidak memperhatikan guru yang sedang menerangkan materi, meninggalkan kelas sebelum waktunya pulang, membuat keributan di kelas, dan tidak mau mengikuti shlat berjamaah di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Aktivitas siswa kelas IX SMPN 17 Bandung dalam mengikuti program shalat berjamaah (2) Disiplin belajar siswa kelas IX SMPN 17 Bandung. (3) Aktivitas siswa kelas IX SMPN 17 Bandung mengikuti shalat berjamaah hubunganyya dengan disiplin belajar mereka di sekolah. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa, disiplin belajar siswa di sekolah di pengaruhi oleh aktivitas siswa dalam megikuti shalat berjamaah. Maka jika aktivitas siswa dalam mengikuti shlat berjamaah tinggi maka disiplin belajarnyapun akan baik Langkah-langkah penelitian ini adalah: (1) Pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif korelasional. (2) Sumber penelitian adalah siswa kelas IX SMPN 17 Bandung dengan populasi 337 dan diambil 51 (15%) sebagai sampel. 3) Teknik pengumpulan data penelitian melalui angket, wawancara, observasi, studi dokumen 4) Teknik analisis data penelitian dengan analisis parsial dan korelasional Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas siswa kelas IX SMPN 17 Bandung dalam mengikuti shalat berjamaah berkategori positif/tinggi yang dibuktikan dengan rata-rata sebesar 3,74. 2) Disiplin belajar siswa kelas IX SMPN 17 Bandung berkategori tinggi yang dibuktikan dengan rata-rata sebesar 3,92. 3) terdapat hubungan yang korelasi yang tinggi antara aktifitas siswa kelas IX SMPN 17 Bandung dengan disiplin belajar mereka. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan dimana koefisien korelasi sebesar 0,66 dimana amnga tersebut berada pada interval 0,60-0.79. Pengaruh Variabel X terhadap Variabel Y sebesar 86%, artinya 14% disiplin belajar dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas; siswa; shalat berjamaah; disiplin belajar
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Hadits dan yang Berkaitan
Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Inriyani Inriyani
Date Deposited: 24 Nov 2022 00:29
Last Modified: 24 Nov 2022 00:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61036

Actions (login required)

View Item View Item