Aktivitas siswa mengikuti program tadarus Al-Qur'an metode tutor sebaya hubungannya dengan kemampuan mereka dalam membaca Al-Qur'an: Penelitian di kelas X SMA Angkasa Lanud Sulaiman Kabupaten Bandung

Marwah, Iganadia (2022) Aktivitas siswa mengikuti program tadarus Al-Qur'an metode tutor sebaya hubungannya dengan kemampuan mereka dalam membaca Al-Qur'an: Penelitian di kelas X SMA Angkasa Lanud Sulaiman Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di SMA Angkasa Lanud Sulaiman Kabupaten mengenai program tadarus Al-Qur’an metode tutor sebaya dan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an. Berdasarkan hasil studi pendahuluan dengan melakukan wawancara dengan salah satu guru SMA Angkasa Lanud Sulaiman terdapat salah satu upaya sekolah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an melalui program tadarus Al-Qur’an menggunakan metode tutor sebaya dan dibuktikan dengan tingginya partisipasi siswa dalam mengikuti program tersebut. Namun, masih ditemukan siswa yang kemampuan membaca Al-Qur’annya rendah, hal ini terlihat dari ditemukannya siswa yang masih terbata-bata dalam membaca Al-Qur’an serta siswa yang tidak menggunakan ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Aktivitas siswa kelas X SMA Angkasa Lanud Sulaiman Kabupaten Bandung dalam mengikuti program tadarus Al-Qur’an metode tutor sebaya; 2) Kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas X SMA Angkasa Lanud Sulaiman Kabupaten Bandung; 3) Hubungan antara aktivitas siswa mengikuti program tadarus Al-Qur’an metode tutor sebaya dengan kemampuan mereka dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa, kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an dipengaruhi oleh aktivitas siswa mengikuti program tadarus Al-Qur’an metode tutor sebaya. Maka apabila aktivitas siswa dalam mengikuti program tadarus Al-Qur’an metode tutor sebaya positif maka kemampuan membaca Al-Qur’annya pun akan baik.Langkah-langkah penelitian ini yaitu: 1) Pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan metode korelasi; 2) Sumber penelitian adalah siswa kelas X SMA Angkasa Lanud Sulaiman dengan populasi 252 dan diambil sampel sebanyak 36; 3) Teknik pengumpulan data menggunakan angket,tes, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi; 4) Teknik analisis data yang menggunakan analisis parsial, uji normalitas data, serta uji korelasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) aktivitas siswa mengikuti program tadarus Al-Qur’an metode tutor sebaya (variabel X) termasuk kategori positif dengan angka sebesar 3,66; 2) kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an (variabel Y) termasuk kategori tinggi dengan angka 75,34; 3) hubungan kedua variabel tersebut termasuk kategori cukup kuat atau tinggi dengan angka 0,69. Dan variabel Y dipengaruhi oleh variabel X sebesar 28% dan 72% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas; Tutor Sebaya;Kemampuan; Membaca Al-Qur'an
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iganadia Marwah
Date Deposited: 24 Nov 2022 00:33
Last Modified: 24 Nov 2022 00:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61035

Actions (login required)

View Item View Item