Penyajian pesan dakwah melalui media sosial : Analisis deskriptif pada akun Instagram @quranreview

Alfikri, Muhammad Rajif (2022) Penyajian pesan dakwah melalui media sosial : Analisis deskriptif pada akun Instagram @quranreview. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (420kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi dan kemunculan media sosial memunculkan potensi baru untuk para pegiat dakwah untuk menyampaikan pesan Islam kepada khalayak luas di media sosial. Instagram adalah salah satu media sosial yang sudah akrab dengan masyarakat Indonesia dengan 104.175.200 pengguna, @quranreview adalah salah satu akun Instagram yang berfokus pada penyajian pesan dakwah melalui media sosial dengan keunggulan melihat tren yang ada sehingga membuktikan pesan dakwah mampu relevan dengan perkembangan zaman. Penulis menitikberatkan fokus penelitian ini berdasarkan tiga aspek penyajian pesan dakwah yakni bagaimana penyajian pesan dakwah informatif, penyajian pesan dakwah persuasif, dan penyajian pesan dakwah koersif yang ada pada konten feed oleh akun Instagram @quranreview. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui lebih lanjut dalam fenomena yang menjadi objek penelitian yakni tentang bagaimana pesan dakwah disajikan melalui akun Instagram @quranreview, penulis menggunakan teori CMC atau Computer Mediated Communication untuk menganalisa pesan dakwah pada kiriman Instagram @quranreview yang terbagi menjadi tiga aspek penyajian pesan yakni informatif, persuasif, dan koersif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif serta menggunakan paradigma interpretif, penulis dalam mengumpulkan data yang berkaitan dengan objek penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi yang datanya berbentuk kalimat. Data yang telah dikumpulkan setelah itu penulis melakukan penyortiran data dan pengelompokan data yang berkaitan tentang aspek-aspek penyajian pesan dakwah. Kesimpulan pada penelitian ini adalah kiriman pada akun @quranreview menunjukan penyajian pesan informatif, persuasif, dan koersif. Pesan informatif terbagi menjadi tiga kelompok yakni pernikahan, akidah, dan akhlak, Pesan persuasif terbagi menjadi empat kelompok yakni keperempuanan, birrul walidain, akidah akhlak. Pesan koersif terbagi menjadi dua kelompok yakni keperempuanan dan pernikahan serta akidah akhlak. Penyajian pesan dakwah pada Instagram @quranreview menunjukan bahwa kiriman @quranreview dapat menjangkau ribuan likes dan ratusan komentar, memiliki penjelasan yang rinci dengan tampilan yang memudahkan pengguna untuk mengakses pesan dengan topik yang relevan mengenai fenomena yang berkembang dan menumbuhkan kesadaran belajar Al-Qur‟an lebih dalam, @quranreview juga mengajak untuk belajar Al-Qur‟an lebih dalam melalui event yang mereka selenggarakan serta menumbuhkan kesadaran akan peringatan dan ancaman yang disampaikan Al-Qur‟an.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: penyajian pesan; media sosial; instagram;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Communications Telemunications > Wireless Communications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Rajif Alfikri
Date Deposited: 23 Nov 2022 08:14
Last Modified: 23 Nov 2022 08:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61032

Actions (login required)

View Item View Item