Profil kemampuan keterampilan proses sains siswa dengan kompetensi learning Student Facilitator and Explaning (SFAE) pada materi sistem pencernaan

Sari Anggraini, Dyta (2022) Profil kemampuan keterampilan proses sains siswa dengan kompetensi learning Student Facilitator and Explaning (SFAE) pada materi sistem pencernaan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena model pembelajaran sangat berperan signifikan dalam mencapai tujuan pembelajaran, serta model pembelajaran bukan hanya disesuaikan dengan tujuan yang hendak dicapai tetapi harus disesuaikan pula dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model SFAE, dan untuk menganalisis kemampuan keterampilan proses sains siswa menggunakan model SFAE, serta respon siswa terhadap model pembelajaran SFAE. Metode yang digunakan yaitu pre-eksperimental dimana penelitian yang belum dikategorikan sebagai eksperimen sesungguhnya, dengan desain tipe One Group Pretest-Posttest Design. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini yaitu indikator keterampilan proses sains menurut Rutsman dan Wulan. Hasil penelitian menunjukan tingkat kemampaun keterampilan poses sains siswa diperoleh nilai rata-rata 71,8 % hal tersebut menunjukan kemampuan keterampilan proses sains siswa menunjukan pada kategori baik. Terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan model SFAE dengan t hitung 5,64 dan t tabel 2,01. Sedangkan respon siswa terhadap model pembelajaran SFAE memperoleh nilai rata-rata 84 % dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model SFAE layak dan efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi sistem pencernaan kelas VIII.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Proses sains; kompetensi learning Student Facilitator and Explaning (SFAE); materi sistem pencernaan;
Subjects: Knowledge > Descriptive and Experimental Methods
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Dyta Sari Anggraini
Date Deposited: 23 Nov 2022 06:06
Last Modified: 23 Nov 2022 06:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61023

Actions (login required)

View Item View Item