Pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan sikap kewirausahaan berlandaskan nilai-nilai Islam pada pembuatan lilin aromaterapi

Mawardini, Ajeng (2022) Pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan sikap kewirausahaan berlandaskan nilai-nilai Islam pada pembuatan lilin aromaterapi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran berbasis proyek menggunakan lembar kerja serta sikap kewirausahaan siswa berlandaskan nilai-nilai Islam pada pembuatan lilin aromaterapi. Penelitian dilakukan sesuai tahapan pembelajaran berbasis proyek yang terdiri dari enam tahap yaitu mengidentifikasi masalah, membuat desain, melaksanakan penelitian, menyusun prototype, menilai produk, dan publikasi produk. Sikap kewirausahaan terdiri dari enam indikator yaitu kepemimpinan, percaya diri, pengambilan resiko, berorientasi tugas dan hasil, keorisinilan, dan berorientasi ke masa depan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pre-experiment dengan desain penelitian one shot case study. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII SMA di Bandung. Sumber data berasal dari observer dan siswa. Data diperoleh melalui lembar observasi aktivitas siswa, lembar kerja siswa, serta angket sikap kewirausahaan. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa mencapai nilai 93 kategori sangat baik. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan lembar kerja mencapai nilai 88 kategori sangat baik. Sikap kewirausahaan siswa mencapai nilai 78 kategori kuat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan lilin aromaterapi dapat mengembangkan sikap kewirausahaan siswa yang berlandaskan nilai-nilai Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis proyek; sikap kewirausahaan; lilin aromaterapi
Subjects: Production, Industrial Economics > Entrepreneurs
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Ajeng Mawardini
Date Deposited: 24 Nov 2022 06:49
Last Modified: 24 Nov 2022 06:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61020

Actions (login required)

View Item View Item