Kepemimpinan kiai karismatik dan hubungannya dengan pembentukan karakter santri di pondok pesanttren se-kecamatan Plered Purwakarta

Fuadi, Nida Saadatul (2021) Kepemimpinan kiai karismatik dan hubungannya dengan pembentukan karakter santri di pondok pesanttren se-kecamatan Plered Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini berangkat dari sebuah kepemimpinan kiai pada pondok pesantren bisa dikatakan sebagai titik sentral. Kiai memiliki kekuasaan penuh dalam mengatur dan menentukan kebijakan setiap kegiatan yang ada di pesantren baik secara langsung maupun tidak langsung. Saat ini degradasi moral sudah semakin tampak di kalangan pelajar. Dalam hal ini, peran kiai sebagai seorang pemimpin sekaligus pendidik sangat dibutuhkan untuk mengarahkan serta meningkatkan santri-santrinya ke arah yang lebih baik salah satunya melalui pembentukan karakter. Atas dasar tersebut, pentingnya melakukan riset kepemimpinan kiai yang mengkaji terhadap pembentukan karakter santri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (a) kepemimpinan kiai di Pondok Pesantren sekecamatan Plered Purwakarta (b) pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Minnatul Huda (c) hubungan kepemimpinan kiai dengan pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren sekecamatan Plered Purwakarta. Dalam pengambilan sempel peneliti menggunakan teknik random sampling, yaitu teknik penentuan sampel secara acak atau random dari populasi yang ada. Peneliti menyebarkan kuesioner sebanyak 70 sampel dari jumlah populasi 239, dengan menggunakan kuesioner model skala likert sebagai data primer yang disebar melalui Online dengan menggunakan Whats App dan Instagram. Dari hasil penelitian, menyimpulkan bahwa ada hubungan kepemimpinan kiai dengan pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren sekecamatan plered Purwakarta memperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,588 dengan artian tingkat kekuatan hubungan antara variabel kepemimpinan kiai dengan pembentukan karakter santri adalah sebesar 58% diinterpretasikan dengan harga koefisien masuk kategori 0,40 – 0,59 yaitu cukup. Nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,346 artinya pembentukan karakter santri ada hubungannya dengan kepemimpinan kiai sebesar 34,6% sedangkan sisanya berhubungan dengan faktor yang lain di luar penelitian. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima artian bahwa ada hubungan positif dan searah antara kepemimpinan kiai dengan pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Se-Kecamatan Plered Purwakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kiai; Karismatik; Pembentukan Karakter Santri
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nida Saadatul Fuadi
Date Deposited: 25 Nov 2022 00:58
Last Modified: 25 Nov 2022 00:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61019

Actions (login required)

View Item View Item