Sistem penegakan Peraturan Daerah Kota Bogor Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Penataan Dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima pada kawasan Taman Kencana ditinjau Siyasah Dusturiyah

Haq, Mufid Karim Ammarul (2022) Sistem penegakan Peraturan Daerah Kota Bogor Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Penataan Dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima pada kawasan Taman Kencana ditinjau Siyasah Dusturiyah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tindakan penataan yang dinilai kurang efektif dan kurang berdampak banyak pada masalah PKL. karena yang masih berjualan di zona terlarang, hal ini disebabkan karena terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi dari internal maupun eksternalnya, untuk internal seperti kurangnya personel, kurang pengawasan. Serta dalam eksternalnya kurangnya kerja sama antar dinas terkait serta kurangnya kesadaran masyarakat terhadap aturan ini. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penegakan hukum yang dilakukan pemerintah Kota Bogor khususnya oleh dinas satpol pp terhadap penataan dan pemberdayaan pedagang kaki lima, untuk mengetahui tindakan dalam menyelesaikan hambatan dalam penegakan, serta dalam tinjauan siyasah dusturiyahnya terhadap Sistem Penegakan Peraturan Daerah Kota Bogor Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima. Penelitian ini menggunakan teori penegakan hukum, dimana teori ini memiliki 5 variebal yang mempengaruhi penegakan hukum, yaitu faktor undang-undang, faktor sarana dan prasarana, faktor masyarakat, dan faktor budaya. Dan selain itu penelitian ini menggunakan teori siyasah dusturiyah, asas-asas siyasah dusturiyah, dan teori kewajiban negara Metode penelitian pendekatan yuridis-empiris dengan metode penelitiannya yaitu kualitatif-deskriptif, jenis data yang digunakan adalah data kualitatif yang terdiri data primer dan sekunder, dan dalam pengumpulan datanya dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, 1). Penataan yang dilakukan memiliki beberapa tata cara pengaturannya, aturan mengenai penegak hukumnya, sarana dan cara teknis dalam penataannya. 2). Terdapat strategi, dalam menjalankan kegiatan penataan, dengan adanya persiapan, sosialisasi, penataannya, serta adanya evaluasi. 3). Pengaturan serta strategi yang telah dilakukan serta dibuat sangatlah mengambarkan tindakan yang sesuai dengan kesiyasahan dan aspek siyasah dusturiyah. Baik secara pengertian ataupun secara asas-asas siyasahnya. Serta sudah sejalan pula dengan adanya konsep kewajiban negara, yang mana negara wajib memberikan kemakmuran, keamanan dan kenyamanan pada warga negaranya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penegakan; Peraturan Daerah; Pengaturan; Strategi; Pedagang Laki Lima; Siyasah Dusturiyah
Subjects: Systems > System Identification
Law > Legal Systems
Constitutional and Administrative Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Mufid Karim Ammarul Haq
Date Deposited: 23 Nov 2022 04:08
Last Modified: 23 Nov 2022 04:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61011

Actions (login required)

View Item View Item