Pengaruh model pembelajaran Group Resume (GR) dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

Dewi Febrianty, Eritha (2022) Pengaruh model pembelajaran Group Resume (GR) dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (478kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai dengan baik oleh siswa, akan tetapi di lapangan masih banyak siswa yang belum menguasai kemampuan tersebut. Tujuan diadakannya penelitian ini meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran group resume dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Plus Al-Itiihad. Metode penelitian yang dipilih yaitu kuasi eksperimen dengan design penelitian yaitu nonequivalent control group design. Sampel penelitian yatu kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan VIII H sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes dan non tes. Hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Keterlaksanaan proses pembelajaran guru dan siswa menggunakan model Pembelajaran group resume dengan pendekatan kontekstual berada pada kategori baik sekali; 2) Peningkatan kemampuan pemcahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran group resume dengan pendekatan kontekstual lebih baik secara signifikan daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; 3) Besar pengaruh model pembelajaran group resume dengan pendekatan kontekstual berada pada kategori sedang dengan persentase 73%; serta 4)Kebanyakan siswa memberikan sikap positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran group resume dengan pendekatan kontekstual.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Group Resume; Pendekatan Kontekstual
Subjects: Education
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Eritha Dewi Febrianty
Date Deposited: 23 Nov 2022 05:38
Last Modified: 23 Nov 2022 05:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61005

Actions (login required)

View Item View Item