Pengembangan media pembelajaran berbasis Blender 3D untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa

Alfaridzi, Ditto (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis Blender 3D untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berfokus kepada pengembangan media pembelajaran berbasis Blender 3D untuk meningkatkan kemampuan matematis siswa. Namun masalah yang ditemukan berupa belum terlihatnya peningkatan dalam peningkatan kemampuan spasial siswa karena perlu adanya motivasi supaya semangat dalam kegiatan pembelajaran yang hanya menggunakan metode ceramah. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Blender 3D untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa. Metode yang digunakan merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data diperoleh dari validator materi, validator media, siswa kelas VIII B dan VIII D Mts Kifayatul Achyar Bandung. Analisis data untuk pengembangan media pembelajaran berbasis Blender 3D mendapatkan kriteria layak dari ahli materi dan siswa serta mendapatkan kriteria layak dari ahli media, memiliki efektivvitas sedang dalam peningkatan kemampuan spasial matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Blender 3D bisa menjadi media pembelajaran dalam kelas dan mampu meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa dalam proses kegiatan belajar, dan mendapatkan tanggapan yang baik dari guru matematika Mts Kifayatul Achyar Bandung dan siswa kelas VIII B maupun VIII D Mts Kifayatul Achyar Bandung. Media pembelajaran berbasis Blender 3D memiliki kontribusi untuk peroses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan spasial siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Blender 3D; Kemampuan Spasial Matematis
Subjects: Data Processing, Computer Science > Computers Mathematical Principles
Applied mathematics > Programming Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Ditto Alfaridzi
Date Deposited: 23 Nov 2022 06:18
Last Modified: 23 Nov 2022 06:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60998

Actions (login required)

View Item View Item