Hubungan rasa syukur dengan ketidakpuasan tubuh (Body Dissatifaction) pada remaja putri : Studi kasus pada siswi Jurusan Tata Busana di SMK Muhammadiyah 3 Bandung

Wati, Ratna (2022) Hubungan rasa syukur dengan ketidakpuasan tubuh (Body Dissatifaction) pada remaja putri : Studi kasus pada siswi Jurusan Tata Busana di SMK Muhammadiyah 3 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (652kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy

Abstract

Kondisi fisik dan bentuk tubuh serta wajah yang sempurna menjadi standar ideal yang diinginkan setiap orang, hal itu juga terjadi pada remaja putri. Dimana pada fase remaja ini individu mengalami banyak perubahan pada proporsi dan bentuk tubuh yang mengakibatkan remaja tersebut tidak percaya diri dan tidak puas dengan dengan penampilannya. Penampilan fisik bagi remaja putri merupakan hal yang penting untuk menunjukkan eksistensinya. Berbagai upaya akan dilakukan untuk memelihara citra tubuhnya agar mendapat penilaian positif dari lingkungannya. Dengan demikian, rasa syukur menjadi hal yang penting untuk mengendalikan upaya penilaian tubuh yang positif pada remaja. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui tingkat ketidakpuasan tubuh (body dissatisfaction), untuk mengetahui tingkat rasa syukur dan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan rasa syukur dengan ketidakpuasan tubuh (body dissatisfaction) pada Siswi Jurusan Tata Busana di SMK Muhammadiyah 3 Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis korelasi yang bertujuan untuk membuktikan ada atau tidaknya hubungan antara rasa syukur dengan ketidakpuasan tubuh (body dissatisfaction) pada Siswi Jurusan Tata Busana di SMK Muhammadiyah 3 Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni kuesioner dan dokumentasi, dengan menggunakan teknik analisis data yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji korelasi dan uji hipotesis parsial (uji t). Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 45 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil statistik deskripsi pada variabel ketidakpuasan tubuh mendapatkan rata-rata sebesar 58,44 dengan kategorisasi sedang 66,7%. Kemudian hasil statistik deskripsi pada variabel rasa syukur mendapatkan rata-rata sebesar 43,09 dengan kategorisasi sedang juga 80%. Dari hasil korelasi dan uji hipotesis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Ha diterima karena nilai Sig. < 0,05 dan thitung > ttabel yakni 0,026 < 0,05 dan 2,309 > 1,681 yang artinya terdapat hubungan negatif yang signifikan antara rasa syukur dengan ketidakpuasan tubuh pada Siswi Jurusan Tata Busana di SMK Muhammadiyah 3 Bandung. Semakin tinggi rasa syukur maka semakin rendah ketidakpuasan tubuh, begitupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: rasa syukur; ketidakpuasan tubuh dan remaja;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Ratna Wati
Date Deposited: 23 Nov 2022 00:58
Last Modified: 23 Nov 2022 01:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60996

Actions (login required)

View Item View Item