Analisis hubungan antara perilaku konsumen dengan penggunaan media sosial terhadap keputusan pembelian produk di aplikasi Shopee : Penelitian pada mahasiswa Manajemen angkatan 2018 UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Azis, Nurya Saepul (2022) Analisis hubungan antara perilaku konsumen dengan penggunaan media sosial terhadap keputusan pembelian produk di aplikasi Shopee : Penelitian pada mahasiswa Manajemen angkatan 2018 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi dan infomasi telah mempermudah manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari, contohnya melakukan kegiatan belanja dengan cara online. Fenomena tersebut merubah cara pandang dan cara berfikir manusia karena merasa terbantu dengan adanya media teknologi dan informasi ini. Hal ini juga memicu perusahaan untuk lebih bisa memanfaakan media sosial dengan sebaik mungkin, salah satunya marketplace Shopee. Tak dapat dipungkiri hal tersebut tidak terlepas dari adanya pesaing bisnis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami secara mendalam mengenai hubungan variabel perilaku konsumen dan variabel media sosial terhadap keputusan pembelian produk di aplikasi Shopee pada Mahasiswa Manajemen angkatan 2018 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Untuk menjawab pertanyaan penelitian di atas, peneliti menggunakan metode deskriptif kumulatif dengan pendekatan kuantitatif yaitu untuk menganalisis secara mendalam terhadap penelitian ini. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner online kepada mahasiswa Manajemen. Adapun sampel yang diambil adalah 88 orang mahasiswa berdasarkan hasil perhitungan menurut Slovin. Teknik analisis data menggunakan Analisis Deskriptif, Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Regresi Linier Berganda, Uji Korelasi, Uji Parsial (Uji T), Uji Simultan (Uji F), dan Uji Koefisien determinasi (R2) yang dibantu dengan menggunakan program software SPSS Versi 25. Pembahasan penelitian menunjukkan bahwa Secara uji korelasi variabel perilaku konsumen (X1) dan media sosial (X2) memiliki hubungan kuat terhadap keputusan pembelian (Y). Seacara parsial (Uji T) thitung dari variabel X1 dan variabel X2 lebih besar daripada nilai ttabel dengan nilai signifikansi variabel X1 dan X2 lebih kecil daripada taraf signifikansi 5%. Artinya variabel X1 dan variabel X2 berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y. Sedangkan berdasarkan hasil pengujian simultan (Uji F) dapat diketahui nilai fhitung dari variabel X1 dan variabel X2 lebih besar daripada nilai ftabel dengan nilai signifikansi variabel X1 dan X2 lebih kecil daripada taraf signifikansi 5%. Artinya secara simultan (bersamaan) perilaku konsumen dan media sosial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Besaran persentase pengaruh secara keseluruhan menggunakan uji koefisien determinasi yaitu sebesar 68,9% dan sisanya 31,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Dengan demikian pada penelitian ini, variabel perilaku kosnumen dan media social memiliki hubungan yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk di aplikasi Shopee.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumen; Media Sosial; Keputusan pembelian
Subjects: General Management
General Management > Marketing, Management of Distribution
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Nurya Saepul Azis
Date Deposited: 21 Nov 2022 04:13
Last Modified: 21 Nov 2022 04:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60953

Actions (login required)

View Item View Item