Pengaruh penerapan pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan kerja sama anak usia dini : Penelitian kuasi eksperimen di Kelompok B RA Al-Akhyar Banjaran

Elisa, Tita (2022) Pengaruh penerapan pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan kerja sama anak usia dini : Penelitian kuasi eksperimen di Kelompok B RA Al-Akhyar Banjaran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal di kelompok B RA AL-Akhyar Banjaran yang menunjukkan adanya kesenjangan antara penerapan pembelajaran problem based learning dengan kemampuan kerja sama anak. Diketahui anak kurang membantu temannya, kurang bisa memberikan dukungan terhadap teman sehingga anak tidak mampu menyelesaikan tugasnya. Berdasarkan hal tersebut, penulis berasumsi bahwa penyebab kesenjangan tersebut adalah kurangnya kemampuan kerja sama anak dalah mengerjakan tugas kelompok serta diperlukan suatu metode yang sesuai dengan kebutuhan anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kemampuan kerja anak usia dini melalui pembelajaran problem based learning di kelompok B RA Al-Akhyar Banjaran; (2) Kemampuan kerja sama anak usia dini melalui pembelajaran project based learning di kelompok B RA Al-Akhyar Banjaran; dan (3) Perbedaan kemampuan kerja sama anak usia dini yang menggunakan penerapan pembelajaran problem based learning dan penerapan pembelajaran project based learning di kelompok B RA Al-Akhyar Banjaran. Penelitian ini didasarkan pada asumsi yang menyatakan bahwa kemampuan kerja sama anak usia dini dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satu faktor tersebut adalah metode pembelajaran anak pada penerapan pembelajaran project based learning. Sejalan dengan hal tersebut, Moeslichatoen berpendapat bahwa penerapan pembelajaran project based learning memiliki manfaat untuk mengembangkan kemampuan kerja sama anak. Kemampuan tersebut meliputi mengembangkan rasa kerja sama serta gotong royong, serta memberikan pengalaman langsung dalam memecahkan masalah secara bersama. Oleh karena itu, dapat diketahui bahwa penerapan pembelajaran project based learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan kerja sama anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu seluruh anak di kelompok B RA Al-Akhyar Banjaran berjumlah 14 anak yang terdiri dari tujuh anak di kelompok kontrol dan tujuh anak di kelompok eksperimen ditetapkan menjadi responden penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan unjuk kerja, Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis data di kelompok B RA Al-Akhyar Banjaran untuk kelompok kontrol (pembelajaran problem based learning) mendapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 54,57 masuk pada kategori kurang dan nilai rata-rata posttest sebesar 79,42 masuk pada kategori baik. Sedangkan untuk kelompok eksperimen melalui pembelajaran project based learning mendapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 57,43 masuk pada kategori kurang dan posttest sebesar 87,28 masuk pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,627 > 2,447, maka ada pengaruh yang signifikan penerapan pembelajaran project based learning terhadap kemampuan kerja sama anak dengan kata lain Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Project Based Learning; Kemampuan Kerja Sama Anak Usia Dini
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Tita Elisa
Date Deposited: 21 Nov 2022 03:20
Last Modified: 21 Nov 2022 03:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60939

Actions (login required)

View Item View Item