Pengaruh layanan bimbingan akademik terhadap prestasi belajar mahasiswa : Studi kasus terhadap mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum angkatan 2017 Universitas Islam Sunan Gunung Djati Bandung

Rizkita, Andriyani Resha (2022) Pengaruh layanan bimbingan akademik terhadap prestasi belajar mahasiswa : Studi kasus terhadap mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum angkatan 2017 Universitas Islam Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (841kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan belajar dapat diraih dengan keuletan dan usaha dari mahasiswa sehingga mendapatkan prestasi belajar. Permasalahan yang terjadi dilapangan masih ada mahasiswa yang nilai indeks prestasinya (IP) masih dibawah standar. Standar yang ditetapkan universitas untuk dapat mengambil satuan kredit semester (SKS) maksimal 24 SKS yaitu 3,01 dalam skala 4.0. Apabila mahasiswa mendapatkan IP dibawah standar, maka tidak akan bisa mengambil secara penuh SKS. Bahkan dalam setiap semesternya mahasiswa ada yang mengalami penurunan nilai indeks prestasi semester (IPS). Akibatnya terjadi keterlambatan dalam menyelesaikan studi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) layanan bimbingan akademik mahasiswa aktif Fakultas Syariah dan Hukum Angkatan 2017; (2) pengaruh layanan bimbingan akademik terhadap prestasi belajar mahasiswa aktif Fakultas Syariah dan Hukum Angkatan 2017. Layanan bimbingan akademik berpengaruh terhadap prestasi belajar karena didalam proses layanan nya terdapat peran pembimbing. Sesuai dengan yang dikatakan Amin, bahwa Bimbingan akademik adalah sebuah layanan yang diberikan kepada mahasiswa untuk pemantauan diri mahasiswa dalam menyelesaikan dan menghadapi masalah – masalah yang berkaitan dengan ranah akademiknya (Amin, 2013 : 14). Rochman Natawidjaja (2009) mengemukakan bahwa ada beberapa aspek yang terkandung dalam bimbingan diantaranya, (1) bimbingan ialah proses pemberian bantuan; (2) bimbingan dilaksanakan secara terus-menerus; (3) bimbingan diorientasikan pada individu agar dapat mengetahui dirinya sendiri dan bisa mengarahkannya sesuai dengan tuntutan dan situasi lingkungannya. (Rosyid 2019) mengemukakan bahwa Prestasi akademik dianggap paripurna apabila mencakup tiga aspek yakni kognitif, afektif, dan psikomotor. Penelitian ini di lakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode penelitian One-Shot case study yang hanya terfokus untuk mengukur sebuah eksperimen yang dilaksanakan langsung tanpa adanya tes awal maupun kelompok pembanding. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran angket. Tenik sampling yang di gunakan yakni menggunakan rumus Slovin, maka yang dijadikan sampel dalam penelitian ini berjumlah 42 mahasiswa. Kegiatan layanan bimbingan akademik termasuk kedalam kategori rendah dan belum termasuk dalam teori yang berlaku dimana seharusnya bimbingan dilakukan secara kontinu dan dapat mengatasi masalah yang seadang dihadapi. Sehingga layanan bimbingan akademik memiliki pengaruh terhadap prestasi akademik yang dibuktikan bahwa nilai Sig < Alpha, yaitu 0,000 <0,05. Sedangkan besaran pengaruhnya yaitu sebesar 13,6% . Dengan demikian dapat diketahui bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Akademik; Prestasi Belajar; Mahasiswa.
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Islam Umum
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Resha Rizkita Andriyani
Date Deposited: 22 Nov 2022 01:44
Last Modified: 22 Nov 2022 01:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60938

Actions (login required)

View Item View Item