Pendidikan gender bagi remaja awal pada lingkungan keluarga Single Parent : Studi deskriptif di Desa Cileungsi Kidul Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor

Alfiana, Salsabila (2022) Pendidikan gender bagi remaja awal pada lingkungan keluarga Single Parent : Studi deskriptif di Desa Cileungsi Kidul Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy

Abstract

Keluarga inti terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Dalam keluarga terdapat beberapa fungsi, salah satunya fungsi pendidikan pada anak. Gender merupakan salah satu konsep yang disosialisasikan dalam keluarga melalui peranan terkait perbedaan peranan sosial perempuan dan laki-laki. Dalam keluarga single parent, peranan gender dilakukan dengan mengisi kekosongan peran ayah atau ibu kepada anak laki-laki dan perempuan. Peneliti bertujuan untuk melihat gambaran pada pemahaman single parent tentang pendidikan gender bagi anak. Selain itu, peneliti bertujuan untuk melihat peranan single parent dalam pendidikan gender pada anak, peranan ayah kepada anak perempuan dan ibu kepada anak laki-laki. Dan juga, peneliti bertujuan untuk melihat tantangan bagi orang tua single parent dalam pendidikan gender bagi anaknya. Peneliti menggunakan sudut pandang pada teori struktural fungsional yang dilihat dalam fungsi AGIL dalam memahami temuan penelitian yang berkaitan dengan peranan single parent dalam keluarga pada kacamata sosiologis. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif.. Peneliti dalam melakukan penelitian mengumpulkan data-data dengan teknik wawancara, observasi, dan pengumpulan dokumentasi yang berkaitan khusus dengan topik penelitian yakni pendidikan gender oleh single parent. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa pemahaman konsep gender secara ilmiah pada single parent ini terbilang kurang. Single parent berperan sebagai sosok ayah atau ibu dengan interaksi dan perilaku serta berkewajiban untuk memberikan motivasi dan nasihat kepada anaknya secara materil dan imateril. Menjadi tantangan bagi single parent dalam proses pendidikan untuk mencapai cita-cita masa depan sebagai anak laki-laki maupun perempuan secara positif di Desa Cileungsi Kidul.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fungsi Pendidikan; Gender; Single Parent
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Culture and Institutions > Family
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Salsabila Alfiana
Date Deposited: 23 Nov 2022 04:37
Last Modified: 23 Nov 2022 04:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60918

Actions (login required)

View Item View Item