Efektivitas lobi politik calon legislator dalam pemilihan umum untuk meningkatkan elektabilitas: Studi fenomena "Ngopi" oleh caleg partai golkar dalam pileg DPRD Kota Bandung tahun 2019 kepada masyarakat setempat

Zulkarnain, Farabi (2022) Efektivitas lobi politik calon legislator dalam pemilihan umum untuk meningkatkan elektabilitas: Studi fenomena "Ngopi" oleh caleg partai golkar dalam pileg DPRD Kota Bandung tahun 2019 kepada masyarakat setempat. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna mengetahui praktik “Ngopi” dalam sosialisasi pileg DPRD Kota Bandung Partai Golkar Tahun 2019. Sosialisasi merupakan sarana komunikasi untuk membagikan informasi terkait caleg, mengkolaborasikan pemahaman maupun persepsi antara caleg dengan masyarakat setempat,dll. Sosialisasi bertujuan untuk mengenalkan profil caleg kepada masyarakat yang dituju agar mereka mengetahui calon legislative yang akan memimpin daerah pilihannya. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitiatif dengan pendekatan fenomenologi dan studio kasus. Kedua metode tersebut mengidentifikasi esensi pengalaman manusia tentang suatu fenomena yang dijelaskan oleh partisipan serta mengeksplorasi secara mendalam suatu program, peristiwa, aktivitas, proses, dan kasus yang dibatasi oleh waktu dan aktivitas caleg dalam mensosialisasikan dirinya kepada masyarakat. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan lampiran. Teknik analisa data yang diterapkan yakni mengakumulasi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitiannya, peneliti menyimpulkan bahwa efektivitas agenda “Ngopi” dinilai efektif dan efisien dalam melakukan agenda sosialisasi maupun lobi politik kepada konstituen sehingga meningkatkan nilai elektabilitas. Agenda “Ngopi” dalam lobi politik dapat menjadi sebuah prasarana komunikasi yang efektif. Keempat caleg menganggap bahwa agenda “Ngopi” ini bisa menjadi terobosan baru untuk dilakukan kepada periode berikutnya. Fenomena “Ngopi” dinilai sebagai metode yang kekinian dalam agenda sosialisasi dan lobi politik sehingga metode ini dapat diterima dalam berbagai kalangan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Lobi; Sosialisasi; Ngopi
Subjects: Political dan Government Science
Political Process
Political Process > Political Campaigns
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Farabi A Z
Date Deposited: 21 Nov 2022 01:11
Last Modified: 21 Nov 2022 01:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60911

Actions (login required)

View Item View Item