Pertukaran sosial dalam Channel Youtube perspektif sosiologi sebagai media pembelajaran di masa pandemi Covid-19: Studi pada Channel Youtube perspektif sosiologi dengan mahasiswa sosiologi Fisip UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Ramadhania, Nur Rahmah (2022) Pertukaran sosial dalam Channel Youtube perspektif sosiologi sebagai media pembelajaran di masa pandemi Covid-19: Studi pada Channel Youtube perspektif sosiologi dengan mahasiswa sosiologi Fisip UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak (1).pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (461kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya wabah Covid-19 yang melanda seluruh dunia dan menimbulkan banyak dampak pada kehidupan manusia. Salah satunya pada sektor pendidikan yang telah mempengaruhi perubahan interaksi dalam dunia pendidikan terkhusus di Jurusan Sosiologi UIN Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi mengenai bagaimana proses interaksi serta proses pertukaran sosial yang terjadi antara mahasiswa Sosiologi UIN Bandung dengan channel YouTube Perspektif Sosiologi sebagai sarana media pembelajaran terkait teori-teori sosial di tengah kebijakan social distancing yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara daring. Penelitian ini dibuat untuk memperkuat teori Pertukaran Sosial George C. Homans. Teori ini membahas suatu pertukaran sosial yang dimana dalam penelitian ini pertukaran terjadi antara mahasiswa Sosiologi sebagai viewer dengan Host channel YouTube Pespektif Sosiologi, dimana keduanya sama-sama mendapatkan keuntungan dalam interaksi yang mereka lakukan dalam sebuah channel YouTube. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan ialah sumber data primer yaitu mahasiswa Sosiologi UIN Bandung dan Host channel YouTube Perspektif Sosiologi, dan sumber data sekunder yaitu beberapa sumber atau literatur yang berhubungan dengan kajian penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik observasi, wawancara, dan studi literatur. Teknik analisis data penelitian ini diperoleh melalui data lapangan yang diperoleh dari mahasiswa Sosiologi UIN Bandung yang kemudian dilakukan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan interaksi yang dilakukan antara mahasiswa Sosiologi dengan Host channel YouTube Perspektif Sosiologi dalam suatu pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 menunjukkan adanya suatu pertukaran sosial yang bersifat asosiatif yakni terdapat kerjasama antara keduanya. Dalam prosesnya mahasiswa Sosiologi yang berperan sebagai viewer mendapatkan keuntungan berupa bertambahya ilmu pengetahuan, informasi sosial serta banyak lagi, begitupun dengan channel YouTube Perspektif Sosiologi yang mandapatkan imbalan dari para viewers yakni dengan bertambahnya jumlah subscriber, viewer, like serta komentar lainnya yang sifatnya positif dan membangun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pandemi; Pembelajaran Daring; Pertukaran Sosial
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Nur Rahmah Ramadhania Siregar
Date Deposited: 16 Nov 2022 06:46
Last Modified: 16 Nov 2022 07:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60832

Actions (login required)

View Item View Item