Pengaruh media iklan dan promosi terhadap keputusan menggunakan pelayanan jasa GO-JEK

Husaeni, Raray (2022) Pengaruh media iklan dan promosi terhadap keputusan menggunakan pelayanan jasa GO-JEK. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh dugaan menurunnya keputusan pembelian pada layanan jasa aplikasi Gojek. Maka dari itu, agar dapat mempertahankan perusahaan dibutuhkan startegi yang baik salah satunya pengiklanan dan dapat memafaatkan promosi sebaik mungkin. Kemajuan dalam teknologi komunikasi dan informasi yang berkembang pesat membawa perubahan pada gaya hidup belanja konsumen bahkan dalam transfortasi pun mengalami perubahaan yang signifikan. Fenomena tersebut tentu merubah cara pandang dan pola pikir manusia dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi. Hal ini memicu perusahaan untuk berinovasi terutama dalam pengiklanan dan promosi di media sosial, tidak dapat dipungkiri hal tersebut juga tidak terlepas dari adanya pesaing bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media iklan dan promosi terhadap keputusan menggunakan layanan jasa Gojek pada Mahasiswa Jurusan Manajemen UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2018 baik secara parsial maupun simultan. Untuk menjawab pertanyaan penelitian di atas, peneliti menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner melalui google form kepada mahasiswa Manajemen. Adapun sampel yang diambil sebanyak 88 orang mahasiswa berdasarkan hasil perhitungan menurut Slovin. Teknik analisis menggunakan Analisis Deskriptif, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Regresi Linier Berganda, Uji Korelasi, Uji-t (parsial), Uji-F (simultan), dan Uji Koesfisien Determinasi dengan menggunakan program SPSS versi 26. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian menunjukan bahwa variabel media iklan berpengaruh secara positif serta signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini terlihat dari hasil uji parsial diperoleh dengan nilai thitung > ttabel (6,572 > 1,66320). Serta variabel promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini terlihat dari hasil uji parsial diperoleh dengan nilai thitung > ttabel (9,169 > 1,66320). Hasil uji secara simultan yang diperoleh dengan nilai 201,284 > 3,11 berpengaruh secara positif dan signifikan karena fhitung > ftabel. Berdasarkan koefisien determinasi didapatkan nilai r square (R2) adalah 0,826. Hal ini menunjukan bahwa keputusan pembelian dipengaruhi oleh media iklan dan promosi sebesar 82,6% dan sisanya 17,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini berdasarkan Adjusted R Square. Dengan begitu pada penelitian ini, variabel media iklan dan promosi memiliki pengaruh yang kuat terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Gojek.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Iklan; Promosi; Keputusan Pembelian
Subjects: General Management > Sales Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Raray Husaeni
Date Deposited: 18 Nov 2022 00:46
Last Modified: 18 Nov 2022 00:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60825

Actions (login required)

View Item View Item