Efektivitas penggunaan media televisi CNN Indonesia terhadap pemahaman Covid-19:Studi korelasional terhadap mahasiswa/i Fakultas Dakwah dan Komunikasi Angkatan 2018 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Nuraeni, Puput (2022) Efektivitas penggunaan media televisi CNN Indonesia terhadap pemahaman Covid-19:Studi korelasional terhadap mahasiswa/i Fakultas Dakwah dan Komunikasi Angkatan 2018 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (929kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy

Abstract

Hadirnya media massa merupakan bentuk alternatif dalam efektivitas penggunaan media sebagai sarana informasi, pendidikan dan hiburan selama kegiatan komunikasi masa. Semakin berkembangnya media massa maka semakin berkembangnya media yang dapat digunakan pengguna media. Seiring dengan lahirnya media baru yang berbasis komputer digital cukup menyaingi media-media mainstream seperti media elektronik, cetak atau yang lainnya. Tujuan penelitian yaitu apakah penggunaan media televisi CNN Indonesia efektif terhadap pemahaman Covid-19 pada kalangan mahasiswa dengan digunakan penyelesaian penelitian diantaranya keaaktifan khalayak, motif khalayak dan penilaian khalayak terhadap media. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratifications yang dapat membantu penelitian memecahkan permasalahan yang ada dalam apa yang akan diteliti. Konsep efektivitas merupakan gambaran tingkat keberhasilan serta keunggulan dalam pencapaian sasaran media itu sendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan paradigma positivisme. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode korelasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik Proportionate Stratified Random Sampling dengan rumus Slovin. Pengumpulan data yang diambil menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukan bahwa pertama, keaktifan khalayak dalam penggunaan media mengenai pemahaman Covid-19 di dapatkan hasil 64,4% dengan intensitas sedang. Kedua, Motif penggunaan media didapatkan motif bifungsional dengan intensitas sedang sebesar 66,7%. Ketiga, penilaian khalayak terhadap media didapatkan hasil 71,7% dengan intensitas sedang. Kesimpulan penelitian yang diambil dari uji hipotesis dengan demikian semakin baik efektivitas penggunaan media televisi CNN Indonesia maka semakin baik juga pemenuhan pemahaman Covid-19 bagi Mahasiswa/I Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2018. Selain itu, dalam penelitian ini memiliki hubungan antar variabel dengan kategori korelasi yang kuat yang dihasilkan dari uji Korelasi Peorson Product Moment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Berita Televisi; Pemenuhan Kebutuhan Covid-19
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Puput Nuraeni
Date Deposited: 15 Nov 2022 06:35
Last Modified: 15 Nov 2022 06:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60805

Actions (login required)

View Item View Item