Pesan moral dalam falsafah Perguruan Silat Tadjimalela : Studi deskriptif falsafah Perguruan Silat Tadjimalela Komisariat UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Khoer, Alawi Nisfahul (2022) Pesan moral dalam falsafah Perguruan Silat Tadjimalela : Studi deskriptif falsafah Perguruan Silat Tadjimalela Komisariat UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (835kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy

Abstract

Berdakwah pada hakikatnya adalah menyampaikan materi dakwah (mengajak, mengajar, menyeru dan sebagainya) dengan menyisipkan pesan yang disampaikannya terhadap objek tujuannya. Kehadiran Perguruan Silat telah memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan dakwah Islam. Salah satunya Perguruan Silat Tadjimalela yang bisa menjadi media dakwah untuk kalangan muda maupun dewasa. Artinya kehadiran silat dalam dakwah telah berhasil memberikan warna tersendiri. Silat menjadi satu peluang bagaimana kesuksesan dakwah telah diraih melalui latihan yang menyisipkan tuntunan hidup (falsafah) dalam proses transmisi pesan keislaman yang dilangsungkan. Seperti falsafah Perguruan Silat Tadjimalela yang menyajikan pesan-pesan moral yang dapat menyadarkan pendekar agar berfikir ulang dalam bertindak dan melakukan sesuatu. Adapun teori yang digunakan yaitu teori semantik agar mengetahui makna dengan sudut pandang yang berbeda tapi memiliki makna yang sama. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apa makna Pesan Moral, dan bagaimana implementasi pesan dan makna moral yang terkandung dalam lima panca darma sebagai falsafah Perguruan Silat Tadjimalela. Metode yang ditempuh adalah metode Kualitatif, serta teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan analisis dokumen yang dianalisis dengan teknik induktif.. Dalam cara kerjanya pertama, pengumpulan yang kemudian direduksi data yaitu menggolongkan, mengarahkan, membuang yang tidak perlu dan pengorganisasian sehingga data terpilah-pilah. Kedua data yang telah direduksi akan disajikan dalam bentuk narasi. Ketiga adalah dari data-data yang disajikan pada tahap kedua akan diambil kesimpulan mengenai penyajian Pesan Moral Dalam Falsafah Perguruan Silat Tadjimalela Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa falsafah Perguruan Silat Tadjimalela berisi pesan-pesan moral yang dikemukakan secara implisit dan eksplisit dari setiap bagiannya dengan struktur dan gaya bahasa metafora dan alegori. Pesan moral yang dimaksud yaitu sifat sabar, ikhlas, ihsan, tawakal, berani membela kebenaran dan tawakal dengan implementasi dalam kehidupan sehari-hari, seperti bersabar dalam menghadapi ujian dan masalah yang dihadapi dengan mengendalikan hawa nafsu, berhati ikhlas dalam melaukan segala hal tanpa mengharapkan imbalan, khusu dalam beribadah serta berserah diri kepada-Nya ketika melakukan aktifitas, membela yang lemah dengan menegakkan kebenaran, dan tidak mengunggulkan diri serta bersikap rendah hati. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa falsafah Perguruan Silat Tadjimalela merupakan salah satu media yang dapat dipakai untuk menyampaikan pesan-pesan moral.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pesan moral; falsafah; Silat Tajdimalela
Subjects: Ethics, Moral Philosophy
Islam > Specific Moral Issues
Athletic and Outdoor Sports > Martial Arts
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Alawi Nisfahul Khoer
Date Deposited: 26 Dec 2022 01:30
Last Modified: 26 Dec 2022 01:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60735

Actions (login required)

View Item View Item