Peran konselor adiksi dalam membantu pemulihan klien penyalahguna narkoba : Penelitian di Yayasan Graha Prima Karya Sejahtera Desa Cimekar Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Rahmawati, Jessica (2022) Peran konselor adiksi dalam membantu pemulihan klien penyalahguna narkoba : Penelitian di Yayasan Graha Prima Karya Sejahtera Desa Cimekar Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya angka pravalensi penyalahguna narkoba di Jawa Barat khususnya pada Kabupaten Bandung. Salah satunya disebabkan oleh dampak pandemi Covid-19 yang berakibat pada sektor ekonomi dan tingkat stres masyatakat. Sehingga konselor adiksi perlu melakukan upaya untuk menjalankan peran serta tanggungjawabnya untuk membantu pemulihan klien penyalahguna narkoba untuk pulih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan konselor adiksi di Yayasan Graha Prima Karya Sejahtera (Grapiks) sebagai lembaga rehabilitasi dalam membantu pemulihan klien penyalahguna narkoba untuk pulih. Penelitian ini didasari oleh konsep pemikiran bahwa konselor adiksi sebagai penanggungjawab dalam menyediakan layanan rehabilitasi untuk kecanduan fisik dan mental terhadap zat, dengan menggunakan keterampilan konseling untuk membantu proses pemuluhan klien. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan untuk memperoleh data yang dituju menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran konselor adiksi dalam membantu pemulihan klien penyalahguna narkoba untuk pulih melalui upaya yang dilakukan dengan upaya memfasilitasi, memotivasi, serta memberikan bimbingan yang didukung berdasarkan kompetensi seorang konselor adiksi dalam melakukan beragam rangkaian kegiatan rehabilitasi adiksi. Hal ini ditunjukan oleh hasil observasi, wawancara dan dokumentasi peneliti terhadap beberapa konselor adiksi di Yayasan Grapiks.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konselor Adiksi; Penyalahguna Narkoba; Pemulihan
Subjects: Islam > Islamic Ethics, Practice
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Role
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Jessica Rahmawati
Date Deposited: 14 Nov 2022 01:19
Last Modified: 14 Nov 2022 01:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60730

Actions (login required)

View Item View Item