Penerapan metode kata untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN Babakan 04 Cilacap Jawa Tengah

Lestari, Anna Firda (2022) Penerapan metode kata untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN Babakan 04 Cilacap Jawa Tengah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya kemampuan membaca permulaan siswa di kelas 1 SDN Babakan 04. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode kata terhadap kemampuan membaca permulaan siswa di kelas 1 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menerapkan metode kata dengan indikator yang digunakan yaitu 1) Membaca huruf; 2) Membedakan bunyi awal; 3) Membaca kata bermakna; 4) Memahami bacaan. Dari penelitian ini didapatkan hipotesis diduga dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa terutama pada kelas rendah yang dibantu dengan metode kata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa 1) Kemampuan membaca permulaan siswa sebelum diterapkannya metode kata masih dalam kategori kurang sekali dengan rata-rata hasil kemampuan membaca permulaan siswa yang diperoleh yaitu sebesar 51,56 dan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 37,5 % dengan kategori “Kurang Sekali”. 2) Proses penerapan metode kata berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan dan dilakukan sesuai dengan tahapan-tahapannya. 3) Hasil kemampuan membaca permulaan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di setiap siklus yang telah dilaksanakan mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 72,5 dan pada siklus II sebesar 74,21. Kemudian persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 66,66 % dan pada siklus II sebesar 81,25 %. Hasil dari observasi aktivitas guru dan siswa pada setiap siklus juga mengalami peningkatan. Pada hasil siklus I tindakan pertama persentase aktivitas guru sebesar 92 % dan pada tindakan kedua sebesar 93 %. Pada siklus II tindakan pertama sebesar 95 % dan tindakan kedua sebesar 100 %. Sedangkan untuk nilai rata-rata observasi aktivitas siswa siklus I tindakan pertama memperoleh persentase sebesar 54 % dan tindakan kedua memperoleh persentase sebesar 87 %. Pada siklus II tindakan pertama sebesar 85,25 % dan tindakan kedua sebesar 85,81 %. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa mengalami peningkatan dari mulai siklus I ke siklus II. 4) Hasil kemampuan membaca permulaan siswa setelah diterapkan metode kata pada seluruh siklus mengalami peningkatan dari mulai siklus I ke siklus II. Pada siklus I rata-rata hasil kemampuan membaca permulaan siswa sebesar 72,5 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 66,66 % dengan kategori “Cukup”. Pada siklus II rata-rata hasil kemampuan membaca permulaan siswa sebesar 74,21 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 81,25 % dengan kategori “Baik”.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode kata; Kemampuan membaca permulaan; Bahasa Indonesia
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Elementary Education
Elementary Education > Reading
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anna Firda Lestari
Date Deposited: 14 Nov 2022 01:35
Last Modified: 14 Nov 2022 01:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60728

Actions (login required)

View Item View Item