Aktivitas Fun Learning melalui media audiovisual terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun : Kuasi eksperimen di kelompok B RA Qurrota A’yun jl. Bojong Gempol rt 04 rw 04 desa Haurpugur kecamatan Rancaekek kabupaten Bandung

Fadilah, Lutfi Nuraini (2022) Aktivitas Fun Learning melalui media audiovisual terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun : Kuasi eksperimen di kelompok B RA Qurrota A’yun jl. Bojong Gempol rt 04 rw 04 desa Haurpugur kecamatan Rancaekek kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (580kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kreativitas pada anak usia 5-6 tahun yang akan dilakukan melalui aktivitas fun learning. Aktivitas fun learning ini adalah suatu upaya untuk mengetahui kreativitas anak yang dilakukan dengan memberikan aktivitas belajar yang menyenangkan melalui media audiovisual. Sebelum diberikan perlakuan sebagian anak masih kesulitan dalam mengembangkan imajinasinya, terbukti dalam uji pretest anak hanya memperoleh nilai 53,70 angka tersebut berada pada interval 50-59 (kurang). Oleh sebab itu anak perlu mengembangkan potensinya menjadi seseorang yang lebih kreatif melalui pembelajran yang lebih menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis (1) aktivitas fun learning dengan media audiovisual terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun (kelas eksperimen) di RA Qurrota A’yun, (2) aktivitas fun learning dengan media gambar terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun (kelas kontrol) di RA Qurrota A’yun, (3) mengetahui perbedaan antara aktivitas fun learning melalui media audiovisual dengan media gambar terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di RA Qurrota A’yun. Hipotesis dari penelitian ini bahwa siswa yang mendapatkan aktivitas fun learning dengan menggunakan media audiovisual memiliki perbedaan yang cukup tinggi terhadap kreativitas anak usia dini yang menggunakan media gambar yang memiliki hasil lebih rendah daripada menggunakan media audiovisual. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design dengan pola pre test dan post test serta dilakukan treatment pada kelas B4 sebagai kelompok eksperimen, sedangkan kelas B3 sebagai kelompok kontrol untuk dijadikan pembanding. Analisis pengumpulan data dilakukan secara kuantitatif melalui program Microsoft Excel 2013. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata pre test kelas eksperimen ialah 53,70 dengan katogori kurang dan nilai rata-rata post test kelas eksperimen ialah 74,63 dengan kategori baik. Sedangkan nilai rata-rata pre test kelas kontrol ialah 46,88 dengan katogori gagal dan nilai rata-rata post test kelas kontrol ialah 59,31 dengan kategori kurang. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam pelaksanaan uji post test, terdapat peningkatan yaitu perubahan yang lebih baik pada perkembangan kreativitasnya. Perkembangan kreativitas kedua kelompok ini memiliki peningkatan dan terdapat perbedaan yang signifikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara aktivitas fun learning melalui media audiovisual dengan aktivitas fun learning melalui media gambar terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di RA Qurrota A’yun Rancaekek.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kretivitas anak; aktivitas fun learning; media audiovisual;
Subjects: Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Lutfi Nuraini Fadilah
Date Deposited: 11 Nov 2022 09:29
Last Modified: 14 Nov 2022 00:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60704

Actions (login required)

View Item View Item