Efektivitas Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam penganggaran partisipatif di Kelurahan Pasirbiru Kecamatan Cibiru Kota Bandung tahun 2021

Prihaningsih, Rizar (2022) Efektivitas Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam penganggaran partisipatif di Kelurahan Pasirbiru Kecamatan Cibiru Kota Bandung tahun 2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

Efektivitas merupakan pengukuran kemampuan dari suatu organisasi dalam menggunakan sumber daya dengan baik sebagai usaha dalam mencapai tujuan. Jika ditemukannya kendala dalam mencapai suatu tujuan, maka perlu dilakukan analisis terhadap penyebabnya. Peraturan terkait efektivitas pelaksanaan musrenbang diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Belum maksimalnya musrenbang serta terdapatnya kendala dalam realisasi pembangunan tentu menjadi penghambat bagi optimalisasi pelaksanaan musrenbang kelurahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana efektivitas pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan di Kelurahan Pasirbiru. Teori yang digunakan adalah teori Richard Streers (2020:53) yaitu: pencapaian tujuan, integrasi dan adaptasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi serta triangulasi. Serta teknis analisis data merujuk pada model Miles & Huberman dalam Sugiyono (2019: 321) diantaranya: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan musrenbang dalam penganggaran partisipatif di Kelurahan Pasirbiru Kecamatan Cibiru tahun 2021 belum efektif. Dalam dimensi pencapaian tujuan mulai dari tahapan pelaksanaan hingga pelaporan hasil penyelenggaraan musrenbang sudah terlaksana dengan baik, sehingga sudah tercapainya tujuan pelaksanaan musrenbang kelurahan. Terkait dimensi integrasi, dilihat melalui pelaksanaan rembug warga dan musrenbang Kelurahan secara langsung yang diikuti oleh masyarakat yang secara aktif berpartisipasi mengikuti kegiatan tersebut, namun dalam proses sosialisasi belum optimal yakni masih adanya masyarakat yang belum memahami kamus usulan musrenbang tahun terkait menyebabkan adanya ketidak sesuaian usulan yang direncanakan. Kemudian dalam dimensi adaptasi, dilihat dalam pelaksanaanya sudah sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan musrenbang Kelurahan. Namun, belum maksimalnya pemenuhan kebutuhan masyarakat terkait keterbatasan anggaran, menyebabkan beberapa usulan yang diajukan masyarakat belum dapat terakomodir dan terealisasi. Serta masih adanya ketidaksesuaian antara usulan perencanaan dengan realisasi pembangunan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Musrenbang; Penganggaran Partisipatif
Subjects: Public Finance > Public Finance of Specific Localities
Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Rizar Prihaningsih
Date Deposited: 17 Nov 2022 03:40
Last Modified: 17 Nov 2022 03:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60693

Actions (login required)

View Item View Item