Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return on Asset (ROA) pada PT. Permata Bank Syariah periode 2011-2021

Fathurrahman, Azka (2022) Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return on Asset (ROA) pada PT. Permata Bank Syariah periode 2011-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

Return on Asset (ROA) yaitu rasio profitabilitas yang dipakai sebagai pengukur kesanggupan perusahaan dalam memperoleh keuntungan. Ada beberapa rasio yang dapat memberikan pengaruh terhadap Return on Asset (ROA) seperti Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR). Capital Adequacy Ratio (CAR) yaitu rasio kecukupan modal yang bisa dipakai sebagai penampung risiko kerugian bank yang mungkin akan terjadi. Sementara Financing to Deposit Ratio (FDR) merupakan rasio pembanding antara jumlah pendanaan yang diberikan bank dengan dana pihak ketiga yang diterima oleh bank. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh variabel Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return on Asset (ROA) secara parsial dan simultan pada PT. Bank Permata Syariah Tbk. Periode 2011-2021. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu apabila Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) meningkat maka Return on Asset (ROA) akan meningkat. Ini disebabkan karena Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) berpengaruh positif terhadap Return on Asset (ROA). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan (Annual Report) periode 2011-2021 yang dipublikasi oleh PT. Permata Bank Syariah pada website resminya. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik serta analisis uji asosiatif. Sedangkan hipotesis pada penelitian ini diperoleh dari hasil uji T dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Capital Adequacy Ratio (CAR) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Return on Asset (ROA) dimana pada koefisen determinasinya menunjukkan bahwa pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap perubahan Return on Asset (ROA) sebesar 6,7%. Kemudian Financing to Deposit Ratio (FDR) juga tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Return on Asset (ROA) dengan koefisien determinasinya sebesar 1,5%. Sedangkan secara simultan, Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return on Asset (ROA) dengan nilai koefisien determinasi sebesar 32,8%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Capital Adequacy Ratio (CAR); Financing to Deposit Ratio (FDR); Return on Asset (ROA).
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Azka Fathurrahman
Date Deposited: 14 Nov 2022 05:10
Last Modified: 14 Nov 2022 05:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60660

Actions (login required)

View Item View Item