Aktivitas dakwah dalam pemberdayaan masyarakat melalui program Wakaf buku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jawa Barat

Sesylia, Susan Sania (2022) Aktivitas dakwah dalam pemberdayaan masyarakat melalui program Wakaf buku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini ditemukan dari permasalahan yang dihadapi masyarakat karena keterbatasan buku khusus nya bagi instansi ataupun sebuah lembaga. Akibat dari hal tersebut sebagian masyarakat tampak kekurangan informasi ataupun pengetahuan umum. Pada saat terjadi pandemi covid 19, sebagian masyarakat di Jawa Barat terdampak dari segi ekonomi, karena itu masyarakat semakin kesusahan untuk membeli buku. Melalui program wakaf buku Dispusipda Jawa Barat menjadikan wadah pemberdayaan bagi masyarakat ataupun sebuah instansi yang membutuhkan bantuan berupa buku. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui pengembangan, potensi dan juga tingkat kemandirian masyarakat. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan Program for International Student Assesment (PISA) pada 2019 bahwasan nya Indonesia menempati ranking ke 62 dari 70 negara yang artinya memiliki tingkat literasi rendah. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori Pemberdayaan Masyarakat dari Tri Winarni. Dalam teorinya beliau mengemukakan bahwa inti dari pemberdayaan meliputi tiga hal, yaitu pengembangan (enabling), memperkuat potensi atau daya (empowering), dan tercipta nya kemandirian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini memberikan gambaran secara cermat mengenai individu dan kelompok tertentu tentang keadaan yang terjadi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap analisis data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, redaksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberdayaan masyarakat melalui program wakaf buku adalah sebagai berikut : 1) Pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini dengan cara menerima hibah dan wakaf buku dari semua kalangan khusus nya ASN Jawa Barat dan menyalurkan nya kepada lembaga yang membutuhkan, 2) Melalui program wakaf buku yang diselenggarakan ini memiliki manfaat salah satu nya untuk memperkuat potensi yang dimiliki oleh tiap individu, 3) Hingga saat ini mayoritas masyarakat yang memanfaatkan buku dari hasil program ini hanya sampai pada taraf untuk menambah koleksi perpustakaan dan meningkatkan minat baca masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masyarakat; Program; Wakaf Buku
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Social Process
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Susan Sania Sesylia
Date Deposited: 10 Nov 2022 05:11
Last Modified: 10 Nov 2022 05:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60648

Actions (login required)

View Item View Item