Analisis kesalahan menyelesaikan soal cerita berbasis Android berdasarkan Teori Newman Error: Penelitian kualitatif deskriptif pada siswa SMP Negeri 1 Kertasari

Khoerunnisa, Tsani (2021) Analisis kesalahan menyelesaikan soal cerita berbasis Android berdasarkan Teori Newman Error: Penelitian kualitatif deskriptif pada siswa SMP Negeri 1 Kertasari. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (808kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa SMP Negeri 1 Kertasari dalam menyelesaikan soal cerita Matematika dengan menggunakan android berdasarkan teori Newman Erorr yaitu : 1). kesalahan membaca, 2). kesalahan memahami, 3). Kesalahan mentransformasikan, 4). kesalahan memproses, 5). kesalahan menyimpulkan., proses pembelajaran dan kecemasan siswa selama proses pembelajaran yang dilaksakan secara (BDR) Belajar Dari Rumah. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif deskriptif. Dengan jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan metode penelitian Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode tes, wawancara dan angket. Instrumen penelitian dengan menggunakan reduksi data. Subjek penelitian dalam penelitian ini adlah siswa kelas VIII G dan VIII H dalam tes dan wawancara dan siswa kelas VIII – B, VIII- C, VIII- D, VIII- G dan VIII- H dalam angket yang memiliki android di SMP Negeri 1 Kertasari. Kesimpulan Hasil analisis dari penelitian ini Kesalahan dalam prosedur Newman dalam memecahkan masalah matematika ada lima tahapan yaitu: (1) kesalahan menuliskan kembali apa saja yang diketahui dalam soal dan kurang bisa dalam memaknai arti kata, (2) kurang bisa memahami soal dan pertanyaan yang dimaksud dalam soal, (3) tidak mampu mengubah soal cerita ke bentuk model matematika sesuai prosedur dan tidak tahu rumus yang akan digunakan, (4) tidak mampu menyelesaikan soal menggunakan operasi hitung dengan tepat dan salah dihasil dioperasi hitungannya, (5) tidak dapat menyelesaikan hasil akhir dan tidak bisa menyimpulkan sesuai dengan yang diminta dalam soal. Serta dalam kecemasan siswa SMP Negeri 1 Kertasari dalam belajar matematika selama proses pembelajaran dari rumah yaitu ada paa tingkat sedang yaitu siswa mengalami ketegangan yang tidak biasanya dialami selama proses pembelajaran di rumah. ENGLISH : This study aims to determine the mistakes of SMP Negeri 1 Kertasari students in solving math story problems using android based on Newman Erorr's theory, namely: 1). reading error, 2). misunderstanding, 3). Error transforming, 4). processing error, 5). the error concluded., the learning process and students' anxiety during the learning process which is carried out by (BDR) Learning From Home. This type of research is descriptive qualitative. With this type of case study using qualitative research methods. The data collection techniques used were test, interview and questionnaire methods. Research instrument using data reduction. The research subjects in this study were students of class VIII G and VIII H in tests and interviews and grade VIII-B, VIII-C, VIII-D, VIII-G and VIII-H grade students in a questionnaire who had androids at SMP Negeri 1 Kertasari. Conclusion The results of the analysis of this study There are five errors in the Newman procedure in solving mathematical problems, namely: (1) errors in rewriting what is known in the problem and not being able to interpret the meaning of words, (2) being unable to understand the questions and questions in question. in the problem, (3) unable to change the story problem into a mathematical model according to the procedure and not knowing the formula to be used, (4) unable to solve the problem using arithmetic operations correctly and incorrectly the result was the calculation operation, (5) unable to solve the result the end and could not conclude what was asked in the question. As well as in the anxiety of SMP Negeri 1 Kertasari students in learning mathematics during the learning process from home, there is a moderate level, namely students experiencing tension that is not usually experienced during the learning process at home.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kesalahan siswa; Menyelesaikan soal cerita; kecemasan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Tsani Khoerunnisa
Date Deposited: 10 Nov 2022 05:15
Last Modified: 10 Nov 2022 05:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60646

Actions (login required)

View Item View Item