Perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 : Penelitian pada siswa SMP Negeri 31 Jakarta

Kurniasari, Fauziah (2022) Perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 : Penelitian pada siswa SMP Negeri 31 Jakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (465kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (925kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pandemi Covid-19 yang hadir di tengah masyarakat. Hal ini berdampak pada bidang pendidikan sehingga memunculkan sistem baru dalam pendidikan yakni pembelajaran daring. Hadirnya pembelajaran daring ternyata berdampak pada perilaku siswa, hal ini diakibatkan karena mekanisme yang yang berbeda sehingga Siswa SMPN 31 Jakarta belum mampu beradaptasi hingga mengalami perubahan perilaku bila dibandingkan saat pembelajaran sebelum masa pandemi. Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui mekanisme pembelajaran serta perilaku siswa sebelum masa pandemi Covid-19. Kemudian mengetahui aktivitas pembelajaran dan perilaku siswa pada masa pandemi Covid-19 serta mengetahui hasil pembelajaran siswa pada masa pandemi Covid-19 Penelitian ini menggunakan Teori Tindakan Sosial oleh Max Weber dalam mengamati kejadian di lapangan. Teori Tindakan Sosial Max Weber beranggapan bahwa tindakan individu mempunyai makna yang ditujukan kepada orang lain. Hal ini mempunyai keterkaitan dengan perubahan perilaku siswa, dimana di dalam perubahan tersebut terdapat alasan atau makna sehingga hal tersebut mendorong Peneliti memakai teori ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deksriptif. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini yaitu data dari informan yang di dapat dari wawancara dan observasi, kemudian data sekunder didapat dari dokumentasi maupun jurnal. Adapun teknik pengumpulan data yang dipakai melalui tiga tahapan yakni observasi secara langsung atau partisipatif, wawancara mendalam, serta dokumentasi data pendukung. Hasil penelitian yang didapat menyatakan bahwa mekanisme pembelajaran sebelum masa pandemi Covid-19 yang terjadi di SMP Negeri 31 dilakukan dengan bertatap muka dimana mengedepan interaksi. Aktivitas pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 menjadi tidak hidup dikarenakan tidak adanya interaksi dan komunikasi. Hasil pembelajaran siswa SMPN 31 Jakarta selama pandemi covid-19 mengalami penurunan dimana disebabkan adanya perubahan perilaku serta kendala artinya penerapan pembelajaran daring belum maksimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pandemi Covid-19; Perilaku Siswa; Pembelajaran Daring
Subjects: Change
Social Process > Social Change
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Fauziah Kurniasari
Date Deposited: 14 Nov 2022 00:47
Last Modified: 14 Nov 2022 00:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60607

Actions (login required)

View Item View Item