Proses adaptasi keluarga dalam mendampingi pembelajaran daring : Penelitian di RW 03 Desa Jambuluwuk Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor

Sutandiana, R. Eriska Ayank (2022) Proses adaptasi keluarga dalam mendampingi pembelajaran daring : Penelitian di RW 03 Desa Jambuluwuk Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran CoronaVirus Disease (Covid-19) yang salah satunya membahas perihal program Belajar dari Rumah melalui pembelajaran jarak jauh (daring). Perubahan pembelajaran ini menyebabkan anak usia Sekolah Dasar  beserta orang tua yang mendampinginya menemukan kesulitan dalam melakukan pembelajaran di rumah. Oleh karena itulah diperlukan adaptasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pembelajaran daring yang diterapkan  keluarga di RW 03 Desa Jambuluwuk Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor; 2) Interaksi dalam keluarga di RW 03 Desa Jambuluwuk Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor selama pembelajaran daring; 3) Proses adaptasi keluarga di RW 03 Desa Jambuluwuk Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor selama pembelajaran daring. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori fungsionalisme struktural oleh Talcott Parson. Teori fungsionalisme struktural merupakan salah satu paham dalam sosiologi yang memandang masyarakat sebagai satu sistem yang terdiri dari bagian-bagian yang saling berhubungan satu sama lain dan bagian yang satu tidak dapat berfungsi tanpa ada hubungan dengan bagian lainnya. Dalam teori ini terdapat konsep AGIL (Adaptation, Goal attainment, Integration, Latency) yang mana menurut Parson, adaptasi keluarga perlu memperhatikan kontinuitas, pemenuhan sarana adaptasi, dan penetapan gagasan atau cita-cita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif ini berguna untuk menggambarkan pembelajaran daring, interaksi, dan proses adaptasi yang terjadi di RW 03 Desa Jambuluwuk Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan melakukan observasi, wawancara mendalam dengan pihak guru, orang tua siswa-siswi, dan siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri Jambuluwuk 01, juga studi kepustakaan berupa buku, jurnal, dan informasi lain yang dibutuhkan melalui internet.   Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa-siswi sekolah dasar menerapkan pembelajaran daring dengan sistem yang sudah diterapkan oleh guru melalui aturan dari Kemendikbud yakni pembelajaran melalui WhatsApp group dengan bantuan pendampingan dari orang tua. Terkait dengan interaksi, selama pembelajaran daring ditemukan bahwa ada perubahan interaksi yang tadinya tiap anggota keluarga berinteraksi dengan intensitas yang sering, hangat dan dekat, menjadi jarang, sekadarnya, dan dingin. Dari proses adaptasi yang telah dilakukan, keluarga di RW 03 Desa Jambuluwuk Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor dapat dikatakan bisa beradaptasi dengan sistem pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Adaptasi; Keluarga; Pembelajaran; Daring
Subjects: Culture and Institutions > Family
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: R. Eriska Ayank Sutandiana
Date Deposited: 16 Nov 2022 06:23
Last Modified: 16 Nov 2022 06:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60587

Actions (login required)

View Item View Item