Hubungan kecerdasan moral dengan akhlak siswa terhadap guru: Penelitian di SMAN 2 Kota Sukabumi

Nisa, Choirun (2022) Hubungan kecerdasan moral dengan akhlak siswa terhadap guru: Penelitian di SMAN 2 Kota Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (492kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy

Abstract

Akhlak siswa terhadap guru merupakan tingkah laku, perbuatan, atau sifat siswa yang tertanam dalam diri siswa terhadap guru secara spontan yang dinyatakan dalam perbuatan baik atau buruk. Apabila remaja saat ini tidak memiliki kecerdasan moral dan tidak dibekali pedoman hidup berupa akhlak, maka tidak mustahil jika siswa akan salah dalam memilih pergaulan. Kecerdasan moral merupakan kemampuan memahami apa yang benar dan salah, artinya memiliki keyakinan moral yang kuat serta bertindak sesuai dengan keyakinan tersebut, sehingga individu dapat berperilaku dengan semestinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang kecerdasan moral, gambaran tentang akhlak siswa terhadap guru, dan hubungan antara kecerdasan moral dengan akhlak siswa terhadap guru di SMAN 2 Kota Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner atau angket. Subjek penelitian diambil sebanyak 95 siswa SMAN 2 Kota Sukabumi dengan 46 item pernyataan, dan validitas yang didapatkan sebanyak 42 item pernyataan. Hasil dari penelitian ini yaitu menjelaskan bahwa hubungan kecerdasan moral dengan akhlak siswa terhadap guru di SMAN 2 Kota Sukabumi dalam aspek kecerdasan moral mayoritas siswa SMAN 2 Sukabumi didalamnya menanamkan kecerdasan moral. Kemudian siswa SMAN 2 Sukabumi juga memiliki akhlak siswa terhadap guru yang baik. Hal ini menunjukkan karena kecerdasan moral dengan akhlak siswa terhadap guru di SMAN 2 Kota Sukabumi memiliki hubungan yang positif dan signifikan. Untuk meningkatkan akhlak siswa terhadap guru, maka SMAN 2 Kota Sukabumi harus menanamkan nilai-nilai moral atau mengadakan diskusi mengenai pentingnya moral, memperingati hari-hari besar Islam, serta senantiasa memberikan suri tauladan yang baik bagi siswanya dan siswanya pun dapat menaati perintah guru serta menjadikan guru contoh yang baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan moral; Akhlak siswa terhadap guru
Subjects: Psychology > Education of Psychology
Differential and Developmental Psychology > Child Psychology
Education > Ethical Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Choirun Nisa
Date Deposited: 09 Nov 2022 02:36
Last Modified: 09 Nov 2022 02:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60568

Actions (login required)

View Item View Item