Pengaruh metode pembelajaran Hypnoteaching terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi Viru

Kadarusman, Andi (2022) Pengaruh metode pembelajaran Hypnoteaching terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi Viru. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover Andi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak Andi.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi Andi.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1 Andi.pdf

Download (515kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2 Andi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3 Andi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4 Andi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text (BAB 5)
8_bab5 Andi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka Andi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)

Abstract

Penerapan artificial intelligence di era disrupsi mengambil alih peran manusia di berbagai sektor industri. Untuk menghadapi era disrupsi, maka pendidikan harus menumbuhkan generasi yang kreatif, inovatif, dan kompetitif. Diperoleh dari hasil wawancara guru bahwa dari 99 peserta didik (79,2 %) yang mendapatkan nilai di bawah batas tuntas, sedangkan sisanya 26 peserta didik (20,8 %) sudah di atas tuntas. Metode yang digunakan saat pembelajaran pada materi virus menggunakan metode ekspositori yang berdampak pada respon peserta didik merasa bosan, kurang fokus, dan pasif. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode hypnoteaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari metode hypnoteaching terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi virus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian diambil melalui teknik purposive sampling. Data hasil penelitian menunjukan keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik memperoleh kategori sangat baik, kemampuan berpikir kreatif peserta didik menggunakan metode hypnoteaching memperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 80,43 dan N-Gain 0,48 dengan kategori sedang, nilai rata-rata posttest peserta didik tanpa metode pembelajaran hypnoteaching sebesar 74,40 dan N-Gain 0,3 dengan kategori rendah. Respon peserta didik terhadap metode hypnoteaching memperoleh kriteria tinggi dengan persentase 86%. Hasil uji-t menunjukan nilai t hitung (1,96) > t tabel (1,84) artinya Ho ditolak dan Hi diterima, maka dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan metode hypnoteaching berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi virus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: KatHypnoteaching; Virus; Berpikir Kreatif
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Andi Kadarusman
Date Deposited: 07 Nov 2022 03:03
Last Modified: 07 Nov 2022 03:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60498

Actions (login required)

View Item View Item