Pengaruh pembiasaan membaca Ratib al Attas terhadap motivasi dan hasil belajar Afektif peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Plus YPP Darussurur Cimahi

Komarudin, Muhamad Akbar (2022) Pengaruh pembiasaan membaca Ratib al Attas terhadap motivasi dan hasil belajar Afektif peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Plus YPP Darussurur Cimahi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy

Abstract

Pembiasaan membaca Ratib Al Attas merupakan kegiatan yang rutin dilakasanakan oleh peserta didik di SMP Plus YPP Darussurur Cimahi. Ketua program kepesantrenan sekolah tersebut menyebutkan bahwa orientasi pembiasaan tersebut diantaranya adalah untuk meningkatkan kestabilan jiwa peserta didik khususnya pada saat pembelajaran. Pada realitanya, kondisi sebagian peserta didik mengalami rasa jenuh dan bosan sehingga tidak terwujudnya motivasi dan hasil belajar afektif peserta didik pada saat pembelajaran PAI serta belum ada pengukuran secara kuantitatif mengenai hal tersebut Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis pembiasaan membaca Ratib al Attas peserta didik (2) menganalisis realitas motivasi belajar PAI peserta didik; (3) menganalisis hasil belajar afektif peserta didik; (4) menganalisis hubungan pembiasaan Ratib al Attas terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI; (5) menganalisis hubungan pembiasaan membaca Ratib al Attas terhadap hasil belajar afektif peserta didik pada mata pelajaran PAI. Ratib al Attas merupakan sebuah kumpulan dzikir yang disusun oleh al Habib Umar bin Abdul Rahman al Attas. Awrod tersebut masyhur dikenal memiliki faidah bagi setiap orang yang membacanya, yaitu sebagai washilah ketenangan dan kebersihan hati. SMP Plus YPP Darussurur Cimahi menjadikan ratib tersebut sebagai pembiasaan peserta didik untuk meningkatkan kestabilan hati mereka termasuk motivasi dan hasil belajar afektif pada mata pelajaran PAI. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Metode tersebut dimaksudkan untuk mengangkat fakta, keadaan variabel, dan fenomena-fenomena yang terjadi (ketika penelitian berlangsung) dan menyajikannya apa adanya. Hasil penelitian ini adalah; (1) Realitas kegiatan pembiasaan membaca Ratib Al Attas peserta didik di SMP Plus YPP Darussurur Cimahi 35,8 berada pada rentang nilai 35 – 40 atau 87%. Nilai tersebut terkategorikan sangat baik. (2) Realitas motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Plus YPP Darussurur Cimahi adalah 79,93 terletak pada rentang nilai 60 – 79,99 dengan kriteria baik. (3) Realitas hasil belajar afektif peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Plus YPP Darussurur Cimahi adalah 85,15 berada pada rentang nilai 80-100 dengan kriteria sangat baik(4)Pembiasaan membaca Ratib Al Attas berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI. Besar nilai pengaruhnya adalah 0,540 atau 54%. Nilai tersebut berada pada rentang 0,40 – 0,599 dengan kriteria cukup; (5) Pembiasaan membaca Ratib Al Attas berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar afektif peserta didik pada mata pelajaran PAI. Adapun besar nilai pengaruhnya adalah 0,620 atau 62%. Nilai tersebut berada pada rentang 0,60 – 0,799 dengan kriteria kuat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Ratib al Attas; Motivasi; Afektif
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Akbar Komarudin
Date Deposited: 14 Nov 2022 07:31
Last Modified: 14 Nov 2022 07:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60497

Actions (login required)

View Item View Item