Penerapan media Flipchart untuk meningkat motivasi siswa dalam pembelajaran Tematik : Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah 1 Tegallega Kota Bandung

Hanapi, Yusril (2022) Penerapan media Flipchart untuk meningkat motivasi siswa dalam pembelajaran Tematik : Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah 1 Tegallega Kota Bandung. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text
1_Cover.pdf

Download (116kB)
[img] Text
2_Abstrak.pdf

Download (158kB)
[img] Text
3_Daftarisi.pdf

Download (83kB)
[img] Text
4_Bab1.pdf

Download (270kB)
[img] Text
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan temuan masalah pada pembelajaran tematik di kelas IV MI Muhammadiyah 1 Tegallega Kota Bandung, bahwa kurangnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di sekolah. Hal ini disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang variatif sehingga pembelajaran menjadi monoton dan membosankan. Media flipchart merupakan media pembelajaran yang sederhana dengan menggunakan kertas besar, penyajian informasi yang didominasi dengan gambar-gambar, tulisan, angka-angka yang mampu memberikan motivasi pada kegiatan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas IV MI Muhammadiyah 1 Tegallega Kota Bandung dalam proses pembelajaran tematik sebelum menggunakan media flipchart, motivasi belajar siswa kelas IV MI Muhammadiyah 1 Tegallega Kota Bandung ketika menerapkan media flipchart dalam pembelajaran tematik dan motivasi belajar siswa kelas IV MI Muhammadiyah 1 Tegallega Kota Bandung dalam pembelajaran tematik setelah selesai menggunakan media flipchart. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwasanya motivasi belajar siswa dapat meningkat dengan dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya penggunaan media yang tepat yaitu dengan menggunakan media flipchart. Oleh sebab itu, peneliti mengajukan hipotesis tindakan bahwa dalam penerapan media flipchart diduga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik.Metode penelitian yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan diantaranya perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah 1 Tegallega Kota Bandung yang berjumlah 25 siswa yakni 10 laki-laki dan 15 Perempuan.Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar siswa sebelum menggunakan media flipchart mencapai skor 53,76 dengan kriteria Cukup. Aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya. Pada siklus I Tindakan I aktivitas guru mencapai 79% dengan kriteria baik, Tindakan II mencapai 84% dengan kriteria baik, lalu meningkat pada siklus II Tindakan I mencapai 87% dengan kriteria baik, Tindakan II mencapai 90% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I Tindakan I mencapai 79% dengan kriteria baik, Tindakan II mencapai 82% dengan kriteria baik, siklus II Tindakan I mencapai 85% dengan kriteria baik, Tindakan II mencapai 90% dengan kriteria sangat baik. Adapun motivasi belajar siswa setelah menerapkan media flipchart mengalami peningkatan, pada siklus I mencapai skor 65,88 dengan kriteria Tinggi. Lalu meningkat pada siklus II mencapai skor 78,08 dengan kriteria Sangat Tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Flipchart; Meningkatkan Motivasi; pembelajaran tematik;
Subjects: Use of Other Information Media > Reading and Use of Other Information Media by Young People
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email yusrilhanapi6@gmail.com
Date Deposited: 29 Nov 2022 01:11
Last Modified: 29 Nov 2022 01:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60483

Actions (login required)

View Item View Item