Pengaruh pembelajaran berkelompok menggunakan metode proyek terhadap perkembangan perilaku prososial anak usia dini : Kuasi eksperimen di kelompok B RA Al Misbah Cipadung Kota Bandung

Suryani, Sri (2022) Pengaruh pembelajaran berkelompok menggunakan metode proyek terhadap perkembangan perilaku prososial anak usia dini : Kuasi eksperimen di kelompok B RA Al Misbah Cipadung Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (691kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan mengenai perkembangan sosial yang rendah terutama perilaku prososial terjadi pada kelompok B RA Al-Misbah Cipadung Kota Bandung. Hal tersebut dapat dilihat dari anak belum mampu menyesuaikan diri saat bermain kooperatif, berperilaku simpati, bekerja sama, dan masih belum terbiasa berperilaku sopan terhadap orang lain. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran biasa tanpa berkelompok sehingga mengakibatkan sebagian anak cenderung monoton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Perkembangan perilaku prososial anak yang menggunakan pembelajaran berkelompok menggunakan metode proyek; 2) Perkembangan perilaku prososial anak yang menggunakan pembelajaran berkelompok menggunakan metode demonstrasi; dan 3) Perbandingan perkembangan perilaku prososial anak usia dini antara pembelajaran berkelompok menggunakan metode proyek dan menggunakan metode demonstrasi di kelompok B RA Al Misbah Cipadung Kota Bandung. Penelitian ini didasarkan pada suatu pemikiran bahwa perkembangan perilaku prososial anak diperlukan metode pembelajaran yang menyenangkan serta melibatkan anak langsung dalam kegiatan pembelajaran. Metode proyek salah satu metode yang dapat dilakukan pada anak untuk mengembangkan perilaku prososial. Penggunaan metode proyek memberikan kesempatan bagi anak untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga anak dapat mengeksplorasi semua potensi yang dimilikinya tak terkecuali perkembangan perilaku prososial. Adapun hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu terdapat perbedaan yang signifikan perkembangan perilaku prososial anak usia dini antara pembelajaran berkelompok menggunakan metode proyek dengan metode demonstrasi di RA Al-Misbah Cipadung Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Subjek pada penelitian ini berjumlah 20 anak di kelompok B RA Al-Misbah Cipadung Kota Bandung. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan melalui uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan perilaku prososial anak yang menggunakan pembelajaran berkelompok menggunakan metode proyek pada kelompok eksperimen mendapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 49 masuk pada kategori gagal dan nilai rata-rata posttest sebesar 72 masuk pada kategori baik. Sedangkan untuk kelompok kontrol mendapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 48 masuk pada kategori gagal dan nilai rata-rata posttest sebesar 62 masuk pada kategori cukup. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh t_hitung> t_tabel yaitu 3,13 > 2,10, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan perkembangan perilaku prososial anak usia dini di kelompok B RA Al-Misbah Cipadung Kota Bandung antara metode proyek dan metode demonstrasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini; Metode Proyek; Perilaku Prososial
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Sri Suryani
Date Deposited: 21 Nov 2022 06:20
Last Modified: 21 Nov 2022 06:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60474

Actions (login required)

View Item View Item