Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Whole Brain Teaching (WBT) untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi getaran dan gelombang: Penelitian Pre Eksperiment terhadap siswa kelas VIII SMPN 1 Sindangagung Kuningan

Mulyasari, Tika (2014) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Whole Brain Teaching (WBT) untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi getaran dan gelombang: Penelitian Pre Eksperiment terhadap siswa kelas VIII SMPN 1 Sindangagung Kuningan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (739kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe whole brain teaching (WBT) serta peningkatan penguasaan konsep siswa pada materi getaran dan gelombang setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe WBT. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII SMPN 1 Sindangagung Kuningan. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII yang berjumlah lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas VIII B dengan jumlah siswa 31 orang. Data keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa diperoleh dari lembar observasi, sedangkan data peningkatan penguasaan konsep siswa diperoleh dari pretest dan posttest berbentuk tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas guru adalah 96,67% dengan kategori sangat baik, sedangkan rata-rata aktivitas siswa adalah 96,29% dengan kategori sangat baik. Selain itu, terjadi peningkatan penguasaan konsep siswa pada materi getaran dan gelombang dengan nilai N-gain sebesar 0,71 yang termasuk kategori tinggi. Adapun hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa z_(hitung >) z_tabel (33,47 > 2,045) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat peningkatan penguasaan konsep siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe whole brain teaching (WBT) pada materi getaran dan gelombang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kooperatif; whole brain teaching (WBT); penguasaan konsep; getaran dan gelombang
Subjects: Physics > Theories and Mathematical Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 29 May 2018 20:43
Last Modified: 29 May 2018 20:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6044

Actions (login required)

View Item View Item