School marketing strategy: Research at Al Azhar Syifa Budi Legenda Junior High School Bekasi

Noviyanto, Noviyanto (2022) School marketing strategy: Research at Al Azhar Syifa Budi Legenda Junior High School Bekasi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (987kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan dan persaingan antar sekolah akhir-akhi ini sangatlah ketat, hal ini terbukti dengan adanya laporan sekolah-sekolah kekurangan peserta didik. Kondisi ini menjadi tantangan bagi pengelola pendidikan untuk tetap eksis dengan cara membuat strategi pemasaran yang tepat karena strategi pemasaran dalam dunia pendidikan sudah menjadi suatu kebutuhan, agar lembaga pendidikan bisa dikenal dan mendapat tempat di hati masyarakat sehingga masyarakat memiliki minat untuk menyekolahkan anak-anak mereka di lembaga pendidikan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta dampak dari strategi pemasaran SMP Al Azhar Syifa Budi Legenda Bekasi. Pada penelitian ini sumber data diperoleh dari Kepala sekolah SMP Al Azhar Syifa Budi Legenda, Kepala bagian Pemasaran Sekolah, Guru, Siswa dan orang tua Siswa yang diwakili oleh ketua komite Sekolah. Teknik dan prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melaluitiga cara yaitu, wawancara (interview) untuk mengumpulkan informasi berupa perkataan lisan (verbal), pengamatan (observation) untuk memahami sikap/tindakan yang terjadi, dan dokumentasi yang bisa berupa tulisan, gambar, rekaman, dan lain sebagainya.Adapun teknik penentuan keabsahan data dengan melakukan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Perencanaan Strategi Pemasaran bertujuan agar program-program kerja dalam strategi pemasaran dapat terlaksana dengan baik meliputi pembuatan visi misi, analisis lingkungan, segmentasi dan pemosisian layanan. Sedangkan dalam pelaksanaannya meliputi bauran pemasaran yang terdiri dari; produk/program layanan, pembiayaan, tempat dan promosi sekolah. Adapun evaluasi strategi dilakukan secara berkala.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran Sekolah; Al Azhar Syifa Budi;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: noviyanto noviyanto
Date Deposited: 07 Nov 2022 01:07
Last Modified: 07 Nov 2022 01:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60431

Actions (login required)

View Item View Item