Penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET pada materi asam basa untuk meningkatkan kemampuan representasi kimia: Penelitian pre-experiment pada mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Muntaha, Annisa Shafira (2022) Penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET pada materi asam basa untuk meningkatkan kemampuan representasi kimia: Penelitian pre-experiment pada mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (885kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAPUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang sering dialami oleh mahasiswa dalam proses pembelajaran ialah kurangnya antusias dalam mengkomunikasikan pembelajaran serta kurangnya kemampuan representasi submikroskopik pada konsep kekuatan asam basa. Kesulitan mahasiswa dalam belajar asam basa dikarenakan kurang banyaknya media yang mendukung peningkatan kemampuan representasi kimia. Selama ini para guru dominan memberikan materi asam basa menggunakan metode ceramah dan penugasan buku teks, sehingga diperlukan sebuah metode pembelajaran yang mampu menumbuhkan kemampuan serta melatih berpikir kritis. Peneltian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja mahasiswa selama penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET pada materi asam basa secara daring dan menganalisis peningkatan kemampuan representasi kimia mahasiswa setelah penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET pada materi asam basa. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan soal pretest-posttets dan lembar kerja mahasiswa melalui Google Form. Soal pretest-posttets terdiri dari 2 soal PG dan 4 soal uraian yang mencakup tiga level representasi kimia. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan kemampuan representasi kimia setelah diterapkannya model inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon dari data pretest-posttets dengan nilai Zhitung -5,7 dan Ztabel 1,96 menunjukkan -Ztabel≥Zhitung≤Ztabel maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan kategori peningkatan sedang dengan nilai N-Gain 0,59. Hasil penelitian pada penerapan LKM didapatkan nilai rata rata 50,00 dengan kategori kurang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri terbimbing; PhET; LKM; asam basa; representasi kimia
Subjects: Chemistry and Allied Science > General Publications of Chemistry
Chemistry and Allied Science > Chemists
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Annisa Shafira Muntaha
Date Deposited: 04 Nov 2022 04:08
Last Modified: 04 Nov 2022 04:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60415

Actions (login required)

View Item View Item