Hubungan pengelolaan penerimaan peserta didik baru dengan mutu lulusan di MTs negeri se kabupaten Pangandaran

Habibah, Umi (2021) Hubungan pengelolaan penerimaan peserta didik baru dengan mutu lulusan di MTs negeri se kabupaten Pangandaran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari pelaksanaan atau kegiatan setiap awal tahun ajaran baru yaitu penerimaan peserta didik baru atau kita kenal dengan singkatan PPDB. Penerimaan peserta didik baru merupakan langkah awal dari lembaga pendidikan sebagai salah satu tolak ukur dalam input (masuknya peserta didik) maupun output (mutu lulusan peserta didik) pada sebuah lembaga pendidikan, hal tersebut secara tidak langsung berkaitan dengan keberhasilan lembaga sekolah dalam melahirkan mutu lulusan yang berkualitas. Dengan perkembangan zaman Madrasah Tsanawiah dapat diakui oleh masyarakat sebagai lembaga pendidikan Islam yang mampu menghasilkan lulusan-lulusan yang baik. Namun pada kenyataannya terdapat fenomena-fenomena yang menjadi perhatian penting bagi lembaga pendidikan yaitu pertama terkikisnya sikap baik peserta didik terhadap guru, sesama teman, dan orangtua, kedua lemahnya pengetahuan, dan ketiga kemampuan kognitif yang minim karena keterampilan yang dimiliki tidak di kembangkan. Dalam hal ini upaya peningkatan mutu lulusan merupakan peran yang sangat penting untuk menciptakan peserta didik sebagai lulusan yang baik dan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengethui (a) pengelolaan penerimaan peserta didik baru di MTs Negeri Se Kabupaten Pangandaran (b) mutu lulusan di MTs Negeri Se Kabupaten Pangandaran (c) hubungan pengelolaan penerimaan peserta didik baru dengan mutu lulusan di MTs Negeri Se Kabupaten Pangandaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan metode deskriptif, korelasi merupakan penelitian untuk mengetahui, mendeskripsikan suatu fenomena, peristiwa sesuai dengan fakta dilapangan. Dalam pengambilan sempel peneliti menggunakan teknik random sampling, yaitu teknik penentuan sampel secara acak atau random dari populasi yang ada, bahwa keseluruhan populasi memiliki peluang yang sama untuk dipilih menjadi anggota sampel (responden). Peneliti menyebarkan kuesioner sebanyak 60 sampel guru di MTs Negeri Se Kabupaten Pangandaran dari jumlah populasi sebesar 150, peneliti menggunakan kuesioner model skala likert sebagai data primer yang disebar via Online dengan menggunakan aplikasi Whats App. Hasil penelitian menyimpulkan, penelitian menunjukkan adanya hubungan pengelolaan penerimaan peserta didik baru dengan mutu lulusan. Dengan diperoleh nilai koefisien sebesar 0,835 atau 83,5% dengan harga koefisien masuk kategori 0,81 – 1,00 yang artinya ada hubungan yang sempurna antara pengelolaan penerimaan peserta didik baru dengan mutu lulusan serta memiliki arah hubungan yang positif dan searah. Signifikansi antara keduanya diperoleh 0,000 < 0,05 artinya terdapat korelasi atau hubungan antara pengelolaan PPDB dengan mutu lulusan di MTs Negeri Se Kabupaten Pangandaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima artinya ada hubungan positif dan searah antara pengelolaan penerimaan peserta didik baru dengan mutu lulusan di MTs Negeri Se Kabupaten Pangandaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Penerimaan Peserta Didik Baru; Mutu Lulusan
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Umi Habibah
Date Deposited: 02 Nov 2022 03:57
Last Modified: 02 Nov 2022 03:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60353

Actions (login required)

View Item View Item