Peran lembaga Human Initiative dalam pemberdayaan masyarakat melalui program Ketahanan Pangan : Studi deskriptif kelompok Disabilitas Pratama Mandiri di Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi.

Wandi, Aldi Setia (2022) Peran lembaga Human Initiative dalam pemberdayaan masyarakat melalui program Ketahanan Pangan : Studi deskriptif kelompok Disabilitas Pratama Mandiri di Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy

Abstract

Indonesia tergolong sebagai negara agraris yang mayoritas penduduknya mendapatkan penghasilan dari sektor pertanian, namun faktanya terbalik, karena saat ini indonesia dalam kondisi menghawatirkan dalam pemenuhan kebutuhan pangan penduduknya. Maka diperlukan peran penyuluh pertanian agar bisa meningkatkan produktifitas hasil pertanian dan meningkatkan ketahanan pangan masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh lembaga Human Initiative yang melakukan sebuah pemberdayaan masyarakat melalui program ketahanan pangan untuk masyarakat kelompok disabilitas Pratama Mandiri di cigugur tengah kota Cimahi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Program ketahanan pangan yang dilakukan oleh Lembaga Human Initiative dalam pemberdayaan masyarakat kelompok disabilitas pratama mandiri di Cigugur Tengah, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi (2) Pelaksanaan program ketahanan pangan yang dilakukan oleh Lembaga Human Initiative dalam pemberdayaan masyarakat kelompok disabilitas (3) Hasil dari program ketahanan pangan yang dilakukan oleh lembaga Human Initiative dalam pemberdayaan masyarakat kelompok disabilitas pratama mandiri. Penelitian ini menggunakan teori pemberdayaan dari Mubyarto (2000) pemberdayaan adalah upaya meningkatkan kemampuan manusia dengan cara mendominasikan dan mengembangkan potensi yang dimilikinya, hal demikian bukan tentang ekonomi saja akan tetapi mencakup harkat martabat sesorang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks pemberdayaan masyarakat. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Human Initiative berperan sebagai fasilitator yang melakukan pemberdayaan masyarakat melalui program ketahanan pangan. Dalam program ketahanan pangan tersebut memiliki tiga fokus utama diantaranya manjemen organisasi, pelatihan dan manajemen keuanga. Dalam pelaksanaan program ketahanan pangan ini menggunakan strategi Co-creation, strategi yang melibatkan beberapa pihak diantaranya Human Initiative sebagai fasilitator, kelompok disabilitas sebagai penerima manfaat dan pendonatur sebagai pihak ketiga yang memberikan pendanaan untuk sarana dan prasarana. Terdapat beberapa tahapan dalam pelaksanaan diantaranya perencanaan, pelaksanaan dan pendampingan, lalu monitoring dan evaluasi. Hasil dari program tersebut adalah masyarakat kelompok disabilitas pratama mandiri menjadi lebih berdaya, bertambah wawasan dalam pertanian serta mandiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Human Initiative; Ketahanan Pangan; Disabilitas
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Social Process > Social Change
Social Welfare, Problems and Services > Services to People with Physical Disabilities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Aldi Setia Wandi
Date Deposited: 01 Nov 2022 08:04
Last Modified: 01 Nov 2022 08:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60345

Actions (login required)

View Item View Item