Model pembelajaran Prediction, Observation, Explanation, Elaboration, Write and Evaluation (POE2WE) berbasis liveworksheets untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi momentum dan impuls

Setiawati, Winti (2022) Model pembelajaran Prediction, Observation, Explanation, Elaboration, Write and Evaluation (POE2WE) berbasis liveworksheets untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi momentum dan impuls. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (840kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis keterlaksanaan, (2) perbedaan dan (3) peningkatan keterampilan proses sains peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran prediction, observation, explanation, elaboration, write dan evaluation (POE2WE) di kelas eksperimen dan penerapan model pembelajaran konvensional di kelas kontrol pada materi momentum dan impuls. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA SMAN 1 Baleendah, dengan sampel yang digunakan terdiri dari dua kelas yaitu X IPA 6 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 peserta didik dan X IPA 5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, soal tes dan lembar observasi keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran tergolong sangat baik, (2) hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,00 (sig < 0,05), sehingga Ha diterima yang berarti bahwa terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada materi momentum dan impuls, (3) rata-rata N-gain pada kelas eksperimen memperoleh nilai sebesar 0,54 dengan interpretasi sedang dan kelas kontrol sebesar 0,39 dengan interpretasi sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan proses sains; model pembelajaran POE2WE; momentum dan impuls;
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Winti Setiawati
Date Deposited: 03 Nov 2022 06:53
Last Modified: 03 Nov 2022 06:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60132

Actions (login required)

View Item View Item