“Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Everyone Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Reproduksi” (Penelitian Quasi-Experiment Design Di Kelas Xi Sma Negeri Jatinangor)

Yuniarti, Iis (2014) “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Everyone Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Reproduksi” (Penelitian Quasi-Experiment Design Di Kelas Xi Sma Negeri Jatinangor). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTRISI.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)

Abstract

Hasil belajar siswa di sekolah sering diindikasikan dengan permasalahan belajar dari siswa tersebut dalam memahami materi. Indikasi ini dimungkinkan karena faktor belajar siswa yang kurang efektif, bahkan siswa sendiri tidak merasa termotivasi didalam mengikuti pembelajaran di kelas. Seringkali guru menciptakan suasana pembelajaran yang tidak menyenangkan bagi siswa, guru banyak bercerita tanpa memperlihatkan siswa apakah sudah paham atau belum, yang penting bagi guru adalah materi tersebut sudah diajarkan. Sedangkan sekarang seorang guru dituntut untuk menggunakan berbagai model yang bervariasi. Dalam penelitian ini diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan yang ada, dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone is a teacher here.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan model Everyone is a teacher here pada materi pokok sistem reproduksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi-eksperimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group pretest-posttest artinya peneliti memberi perlakuan dan membuat observasi. Populasi yang diambil adalah siswa kelas XI IPA. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan tes. Hasil penelitian membuktikan bahwa model pembelajaran everyone is a teacher here dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok sistem reproduksi, dengan nilai rata-rata posttest pada kelas yang menggunakan model everyone is a teacher here 76,29 dengan kategori baik dan nilai gain 33,43. Pada kelas yang tanpa model nilai rata-rata posttest 69,43 dengan kategori cukup dan nilai gain 26,86. Untuk uji hipotesis menunjukan bahwa T_hitung sebesar 2,38 > T_tabel sebesar 1,67, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe everyone is a teacher here berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok sistem reproduksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Everyone is a teacher here; hasil belajar; sistem reproduksi
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 3781 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 08:24
Last Modified: 03 Jul 2018 08:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6013

Actions (login required)

View Item View Item